PKM Pelatihan Desain Grafis berbasis Vektor bagi Mahasiswa Universitas Nurul Jadid Probolinggo
AbstractPerkembangan desain grafis telah dipercaya untuk sebuah karya seni rupa teknologi yang memiliki peran penting untuk beragam industri digital. Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis sangat dibutuhkan untuk mempromosikan atau menyampaikan suatu produk, layanan, materi perkuliahan, dan laporan oleh perusahaan ataupun instansi pendidikan. Workshop pelatihan desain grafis berbasis vector ini dilaksanakan untuk mahasiswa dan mahasiswi Universitas Nurul Jadid. Pelatihan ini bagi peserta untuk mempelajari atau memperdalam keilmuan di bidang desain grafis. Dengan memiliki bekal keterampilan desain grafis mahasiswa dapat menyajikan informasi ataupun produk secara efektif, bahkan menjadi penyediakan jasa desain ataupun hanya sekedar mampu memilih gambar yang terbaik sehingga informasikan dapat disajikan dengan efektif. Pelatihan dan pemdampingan desain grafik peserta lebih cepat memahami dibandingkan dengan belajar mandiri, disertai modul yang dapat menjadi panduan meski pelaihan telah usai. Penggunaan aplikasi desain grafis berbasis open source (inkscape) dapat menghasilkan karya terbaik seperti halnya aplikasi desain lainnya.
|
Keywords
Full Text:
References
Adji, T. S. (2016). Inkscape: 23 Tutorial Menggambar. https://play.google.com/books/reader?id=9UUPBQAAQBAJ&pg=GBS.PA2&hl=id&printsec=frontcover
Antonius, S., & Sama, H. (2020). STUDI KOMPARASI BITMAP DAN VEKTOR TERHADAP KUALITAS DIGITAL ART: CASE STUDY DEVIANTART NABHAN DAN PIXELJEFF1995 | Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1467
Iswandi, H. (2018). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Seni Desain Dan Budaya, volume 3(Issue 3), 100–109. www.palembang-pos.com.
Kominfo. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Kominfo. https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media
Piliang, Y. A. (2019). SENI, DESAIN DAN KEBUDAYAAN DALAM SPIRIT REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) (Vol. 2). https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/247
Pramesti, I. A., & Irwansyah. (2021). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Cara Membaca Masyarakat Indonesia di Era Digital, serta Dampaknya Pada Bisnis Media Cetak. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(1), 117–131. https://online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/10695
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Zubaedah Hanum. (2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
10.33650/guyub.v2i3.2552 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 EKO PURNOMO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.