PKM Pendampingan Penguasaan Bahasa Inggris pada Reading Comprehension Menggunakan Metode Skimming dan Scanning di BPK (Badan Pembinaan Khusus) MTs Nurul Jadid Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2779

Authors (s)


(1) * Abdullah Al Anis   (Nurul Jadid University)  
        Indonesia
(2)  Anis Zahro Zulviana Ulva   (Nurul Jadid University)  
        Indonesia
(3)  Jamilatun Nisa' Bashori   (Nurul Jadid University)  
        Indonesia
(4)  Rusna sari   (Nurul Jadid University)  
        Indonesia
(5)  Izzatul Mauliya   (Nurul Jadid University)  
        Indonesia
(6)  Lita Amini   (Nurul Jadid University)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan membaca seseorang dalam berbahasa inggris merupakan sebuah keahlian yang tidak kebanyakan orang mampu melakukannya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan ini betul-betul memerlukan latihan, keseriusan, kegigihan dan bakat tersendiri guna dapat memiliki kemampuan bahkan keahlian membaca dalam bidang bahasa inggris. Namun akan menjadi sesuatu yang menarik jika diangkat kedalam sebuah ruang dimana siswa sebagai peserta didik yang menekuni kemampuan bahasa inggris di beri arahan, motivasi, rangsangan, bahkan diberi metode yang menarik sehingga apa yang selama ini para peserta didik lakukan lebih bersemangat dan lebih antusias dengan adanya pengenalan metode baru bagi para peserta didik tersebut. Melalui Pengabdian Masyarakat ini Penulis mencoba mengangkat permasalahan ini dengan judul “ Pendampingan Penguasaan Bahasa Inggris Pada Reading Comprehension Menggunakan Metode Skimming Dan Scanning Di BPK (Badan Pembinaan Khusus) MTs Nurul Jadid Wilayah Azzainiyah” yang mejadi titik pointnya adalah pendampingan kepada peserta didik di BPK MTs Nurul Jadid dalam pembinaan metode Skimming dan Scanning mampu meningkatkan kemampuan membaca secara komprehensif yang mendorong lebih maju pada kemampuan sebelumya. BPK (Badan Pembinaan Khusus) yang salah satu programnya adalah kemampuan berbahasa, di ranah inilah penulis akan menyatukan perencanaan, pengenalan metode, pemahaman metode, penerapan metode pemberian drilling atau latihan-latihan kepada para siswa atau peserta didik dalam lembaga BPK dibidang kebahasaan. Metode Scanning dan skimming ini adalah salah satu metode dari sejuta metode yang digunakan untuk mempermudah kemampuan seorang pembaca pada suatu bacaan.



Keywords

Reading Comprehension, Skimming & Scanning, BPK (Badan Pembinaan Khusus)



Full Text: PDF



References


Ali Azmi, d. (2020). The Effect of Skimming and Scanning Strategies on. Atlantis Press, 465.

Best, J. W. (1981). Research In Education 4th Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Crewswell, J. (2003). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method approaches. Los Angeles, CA: Sage Publications, Inc.

Elliot, J. (1991). Action Research for Educational Change: Developing Tacher and Teaching. London: Open University Press.

Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching. Third Edition. London.

Hasan, I. (2002). Pokok-Pokok Materi Statistika 1 (Statistik Deskriptif) Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maxwell, J. M. (1972). Skimming and Scanning Improvement: The Needs,. Journal of Reading Behavior, 5.

McMillan, J. (1992). Education Research: Fundamentals of Consumers. New York: Harper Collins Publisher.

Sari, D. M. (2018). The Use of Skimming and Scanning Technique to Improve Reading Comprehension Achievement of Junior Highschool Students. Jurnal Edukasi, 59-68.

Sudjana. (Metode Statistika). 2002. Bandung: Tarsito.

Yusuf, Q. (2017). Skimming and Scanning Techniques to Assist EFL Students in . Indonesia Research Journal in Education, 43-57.


Article View

Abstract views : 279 times | PDF files viewed : 185 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2779


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdullah Al Anis, Anis Zahro Zulviana Ulva, Jamilatun Nisa' Bashori, Rusna sari, Izzatul Mauliya, Lita Amini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.