PKM Pelatihan dan Pembelajaran Tata Cara Membaca Al-Quran dengan Ilmu Tajwid dengan Media Mobile Android di TPQ AT-Tarbiyah Probolinggo
AbstractIlmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari atau menerangkan tata cara membaca al-Quran dengan baik dan benar. Allah SWT telah memerintahkan membaca al-Quran dengan tartil yaitu membaguskan bacaan huruf-huruf Al-Quran dengan terang, teratur dan tidak terburu-buru serta mengenal tempat-tempat sesuai dengan hukum-hukum tajwid. Ilmu tajwid bertujuan untuk memberikan tuntunan bagaimana pengucapan ayat yang tepat sehingga lafal dan maknanaya terpelihara. Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang belum memahami tentang membaca Al-Quran yang baik dan benar dengan berbagai alasan. Salah satunya beralasan tidak memahami hukum-hukum tajwid. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di TPQ AT-Tarbiyah ini merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media mobile atau atau android. |
Keywords
Full Text:
References
Abdurrohim. A. I. (2003). Ilmu tajwid lengkap. Buku Tajwid.25.
Achmad Roesyadi Mandasini . (2002) Aplikasi ilmu tajwid berbasis android.
Bonomo. M. (1973). Definisi Membaca menurut para ahli, 119
Bulaeng. (2016). Peningkatan kemampuan membaca al-quran dengan tartil melalui metode iqra pada siswa kelas V di SD inpres tinggi di kecamatan somba opu kabupaten gowa, 1.
Shalahuddin. R. A. (2013). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.
Sopiah. E. M. (2010). Pendekatan praktis dalam penelitian. Metodologi penelitian: Yokyakarta: Andi.
Vitya, E. S. (2015). Pengembangan aplikasi pembelajaran iqra dan tajwid berdasarkan metode syafii menggunakan sistem multimedia. Jurnal Algoritma,
Gunadi. A. S.. Gani Hamdi & Krisnawati. (2002). Membangun aplikasi berbasis android pembelajaran psikotes menggunakan app inventor, 38.
Humam. (2002). Aplikasi ilmu tajwid berbasis android, 3.
Isna Mildayanti. K. R. (2016).Pengembangan game edukasi tajwid al-quran berbasis android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 2.
Jogiyanto. Donny Indra Purnama Jati. (2001). Aplikasi pembelajaran dasar fotografi berbasis multimedia. Jurnal Tugas Akhir, 4.
Larman. Tri A.Kurniawan. (2005). Pemodelan use case evaluasi terhadap beberapa kesalahan dalam praktik, 79.
Nurhidayah. H. M. (2010). Rancang bangun multimedia pembelajaran ilmu tajwid guna peningkatan pemahaman cara membaca al-quran. Jurnal Article Juita, 31.
10.33650/guyub.v2i3.2805 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ahmad Khairi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.