PKM Penguatan Nilai-Nilai Aswaja bagi Siswa di MI Nurul Mun’im dalam Membentuk Karakter Ahlusunnah wal Jamaah
	
	
                                                              DOI: 
https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2808
                                                                                		
	
	 
		
		
		Authors (s)
                	    	      
      (1)  Muhammad Mahbubi    

   (Universitas Nurul Jadid)       
        Indonesia 
               	    	      
      
(2) * Rizki Hidayatullah  

   (Universitas Nurul Jadid)       
        Indonesia 
               	    	      
      
(3)  Misbahul Jadid     (Universitas Nurul Jadid)       
        Indonesia 
               	    	      
      
(4)  Alpian Hadi     (Universitas Nurul Jadid)       
        Indonesia 
            
 (*) Corresponding Author
         
		 
	   
	
			
		| 
		AbstractPKM ini bertujuan untuk membangun karakter siswa dalam bentuk pendampingan dan penguatan nilai-nilai ahlulsunnah wal jamaah (Aswaja)  melalui beberapa kegiatan, seperti bimbingan belajar, bakti sosial, dan mendongeng/bercerita. Lokasi kegiatan PKM dilaksanakan di MI Nurul Mun'im. Hasil yang dicapai dari kegiatan PKM ini adalah meningkatkatnya nilai-nilai pendidikan karakter di MI Nurul Mun'im, seperti nilai religius, nilai nasionalis, kemandirian, gotong royong, dan integritas. | 
		
	
   
          
      Keywords
      aswaja; bercerita; karakter
      
       
    
          
          
        
              		      	      	      		Full Text:
      		      			      				
PDF
      				      			      			      		      	
      	
      	
      
      
  
  
  
    
      
      	      		
      		References
      		
      		
      			      				Effendy, O. Uchjana, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
      			      				Arpiyanto, Kontrol Sosial Pondok Pesantren Al-Hijrah Bagi Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Iia Tanjungpinang (Naskah Publikasi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, 2015)
      			      				Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Penerbit Kencana
      			      				Depdikbud. 1995. Seri pemandu pelaksanaan bimbingan konselingdi SLTP. Jakarta.
      			      				Zikri, R. (2016). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan bahasa anak fase golden age. Al-Lisan: Jurnal Bahasa
      			      				Cendana, R. (2010). Peningkatan pembelajaran apresiasi dongeng dengan media visual manipulatif boneka pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak, Sukoharjo tahun ajar 2009/2010 (Skripsi) (Universitas Muha mmadiyah Surakarta, Surakarta).
      			      				Eliwarti. (2016). Penerapan strategi penemuan terbimbing untuk meningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      			      				Purwanto, Ngalim, 1990. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
      			      				Mahbubi, m. (2012). Pendidikan karakter: implementasi aswaja sebagai nilai pendidikan karakter. (Yogyakarta: Pustaka Ilmu)
      			      				Novan Ardy Wiyani, Manajemen kelas, (Jogjakarta: Ar-Ruzz media, 2013)
      			      				Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosdakaarya. 2001)
      			      				Kemdikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal
      			      		 
      		
      		 
      	       
     
    
    
      
	
    
        	    		    	    	    		
        |  | Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics
		 |  |  |   | 
        	    		    			    				    			    			    		    	    		    			    				    			    			    		    	       
   
   
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
		Copyright (c) 2021 Muhammad Mahbubi, RIZKI HIDAYAHTULLAH, misbahul jadid, ALPIAN HADI
				
					

This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
This journal is licensed under

Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.