PKM Penguatan Nilai-Nilai Aswaja bagi Siswa di MI Nurul Mun’im dalam Membentuk Karakter Ahlusunnah wal Jamaah
AbstractPKM ini bertujuan untuk membangun karakter siswa dalam bentuk pendampingan dan penguatan nilai-nilai ahlulsunnah wal jamaah (Aswaja) melalui beberapa kegiatan, seperti bimbingan belajar, bakti sosial, dan mendongeng/bercerita. Lokasi kegiatan PKM dilaksanakan di MI Nurul Mun'im. Hasil yang dicapai dari kegiatan PKM ini adalah meningkatkatnya nilai-nilai pendidikan karakter di MI Nurul Mun'im, seperti nilai religius, nilai nasionalis, kemandirian, gotong royong, dan integritas. |
Keywords
Full Text:
References
Effendy, O. Uchjana, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Arpiyanto, Kontrol Sosial Pondok Pesantren Al-Hijrah Bagi Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Iia Tanjungpinang (Naskah Publikasi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, 2015)
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Penerbit Kencana
Depdikbud. 1995. Seri pemandu pelaksanaan bimbingan konselingdi SLTP. Jakarta.
Zikri, R. (2016). Peran orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan bahasa anak fase golden age. Al-Lisan: Jurnal Bahasa
Cendana, R. (2010). Peningkatan pembelajaran apresiasi dongeng dengan media visual manipulatif boneka pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak, Sukoharjo tahun ajar 2009/2010 (Skripsi) (Universitas Muha mmadiyah Surakarta, Surakarta).
Eliwarti. (2016). Penerapan strategi penemuan terbimbing untuk meningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Purwanto, Ngalim, 1990. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mahbubi, m. (2012). Pendidikan karakter: implementasi aswaja sebagai nilai pendidikan karakter. (Yogyakarta: Pustaka Ilmu)
Novan Ardy Wiyani, Manajemen kelas, (Jogjakarta: Ar-Ruzz media, 2013)
Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosdakaarya. 2001)
Kemdikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal
10.33650/guyub.v2i3.2808 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Mahbubi, RIZKI HIDAYAHTULLAH, misbahul jadid, ALPIAN HADI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.