PKM Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Keterampilan Komputer dan Administrasi Perkantoran di Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2841

Authors (s)


(1) * Ahmad Hudawi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Ainur Rasit   (Informatika Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Alfain Hidayat   (Informatika Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  , Alfan Wanzilur Rahman   (Informatika Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Andika Miftahul Hasan   (Informatika Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Ridho Illahi Putra   (Informatika Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat tersebut merupakan tindakn lanjut dari peneiitian tentang Pelatihan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia serta Keterampilan Komputer serta Administrasi Dokumentasi Perkantoran, Mencerdaskan generasi penerus melalui pendidikan yang berkualitas merupakan tugas negara yang harus mendapat dukungan penuh dari masyarakat.  Sistem pendidikan akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan sumberdaya manusia yang baik pula. Madrasah Aliyah Islamiyah Syafi’iyah Sumberanyar Paiton Probolinggo yang bergerak dalam dunia pendidikan mempunyai permasalahan dalam meningkatkan kemampuan SDM nya, khususnya di bidang pengadministrasian dan pengarsipan dokumen. Lemahnya pengadministrasian dan pengarsipan ini sering menimbulkan permasalahan, seperti misalnya data siswa, nilai, surat-surat yang hilang. Menyadari hal tersebut maka Dosen bersama mahasiswa punya inisiatif untuk memberikan pelatihan untuk peningkatan kemampuan SDM. Pelatihan yang diberikan berupa pelatihan MS Word, Excel, dan administrasi perkantoran. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan staf dalam mengelola sekolah, karena melalui pelatihan MS Word, Excel  staf dilatih untuk membuat arsip data nilai, soal, surat-surat, dan laporan keuangan ke dalam bentuk file dan folder agar dapat tersusun berdasarkan waktu pembuatan. Sedangkan pelatihan administrasi perkantoran dapat meningkatkan kemampuan guru dan staf dalam membuat draft surat keputusan, ekspedisi surat, dan lain-lain. Hasil pengabdian akan dibuat dalam bentuk laporan dan akan dipublikasikan dalam jurnal pengabdian Nasional.



Keywords

MS Word; Excel; Administrasi Perkantoran



Full Text: PDF



References


Aribowo, D., & Endi Permat, R. (2017). PENINGKATAN KOMPETENSI INFORMATION TECHNOLOGY (IT) BAGI APARATUR PEMERINTAH DAN MASYARAKAT MELALUI ICT-TRAINING DI KELURAHAN PABEAN KECAMATAN PURWAKARTA KOTA CILEGON . jurnal.untirta.ac.id.

Permatasari, C. L., & Iis Nawati. (2018). Kompetensi Sumber Daya Manusia Perkantoran Di Era Milenial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP). Salatiga: FKIP UNS.

Siagian, Y., & Jeperson Hutahaean, Z. A. (Juli 2019). PELATIHAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE 2010 DAN INTERNET UNTUK PARA SISWA DAN TUTOR PADA LEMBAGA KURSUS PENDIDIKAN (LKP) MANDIRI COMPUTER KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA . Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal , 153 – 158 .

Warjiyono, & Ery Suryanti, R. F. (Februari 2021). Pelatihan Aplikasi Perkantoran Untuk Meningkatan Kualitas SDM Perangkat Desa Karangmangu. JURNAL ABDIMAS BSI, Vol. 4 No. 1, Hal. 156-163.

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA.


Article View

Abstract views : 159 times | PDF files viewed : 164 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2841


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ahmad hudawi, Ainur Rasit, Alfain Hidayat, , Alfan Wanzilur Rahman, Andika Miftahul Hasan, Ridho Illahi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.