PKM Pelatihan Sistem Akademik Berbasis Web di Madrasah Diniyah Nurul Amin

Hasbul Bahar(1*), Muhammad Habibullah(2), Anton Wijaya(3), Hasan Basori(4), Ahmad Abdur Rahim(5), Ubaydillah Ubaydillah(6)
(1) Universitas Nurul Jadid
(2) Universitas Nurul Jadid
(3) Universitas Nurul Jadid
(4) Universitas Nurul Jadid
(5) Universitas Nurul Jadid
(6) Universitas Nurul Jadid
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i3.2858

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan tindak lanjut dari penelitian tentang Aplikasi Akademik Berbasis Web Responsive Terintergrasi dengan Sistem Import Export Excel. Madrasah Diniah Nurul Amin mempunyai sebuah struktur yang mana di dalamnya ber isi data-data mulai dari para Guru, Murid-murid, dan juga Sistem Belajar Mengajarnya. Tujuan di buatnya stuktur tersebut adalah untuk memajukan sistem belajar mengajar di Madrasah Diniah Nurul Amin. Akan tetapi yang sering kali menjadi permasalahan pada umumnya adalah keterbatasan pengolahan data-data untuk memfilter (menyaring) data-data guru dan murid yang berbeda,mulai dari data guru dan murid yang baru maupun yang telah lama, dan pengaturan jadwal pelajaran yang kurang efesien sehingga kita sering menjumpai masalah seperti halnya guru yang lupa waktu jam mengajar   dan pelajaran apa yang harus di ajarkannya,demikian pula dengan murid,mereka juga sering lupa akan waktu dan mata pelajaran yang akan di pelajarinya.Hal tersebut merupakan salah satu proses interaksi antara bagian internal sekolah Madrasah Diniah Nurul Amin ataupun lembaga pendidikan yang mengolah data dengan proses serta prosedur-prosedur tertentu, dengan user yang dalam hal ini adalah operator. Maka dari itu Aplikasi Akademik Berbasis Web Responsive Terintergrasi dengan Sistem Import Export Excel ini di butuhkan agar mempermudah dalam memberikan informasi data-data yang akurat di antaranya : (1) Memudahkan Proses Pengolahan Data (2) Sebagai Pusat Informasi para guru dan murid(3) Memberikan Laporan Perkembangan Kegiatan Belajar Mengajar (4) Madrasah lebih Up To Date (5) Meningkatkan Citra Madrasah (6) Murid Dapat Mengetahui Informasi Akademik Kapan Saja Dan Dimana saja, (7) Laporan yang komprehensif (8) Memudahkan petugas akademik (9) Sebagai panduan dalam menyusun kebijakan madrasah (10) memudahkan dan mempercepat registrasi dan her registrasi (11) Murid dapat melihat nilainya melalui aplikasi Website akademik sehingga lebih cepat  dan masih banyak hal lainnya.Sehingga dapat memberika layanan yang baik, efisien dan di pastikan tidak akan terjadi kebingungan antara guru dan murid di Madrasah Diniah Nurul Amin.

Keywords


Pendampingan; Sistem Informasi; Workshop; Simulasi

References


Alwasilah, Chaedar. 2017. Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang dan

Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Gazali, Marlina. (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Al-Ta’dib

Malik, Kamil., & Faid, Mochammad. (2016). Prediksi Prestasi Siswa Smp Nurul Jadid Menggunakan Algoritma C4.5. NJCA: Nusantara Journal of Computers and its Applications.

Purnomo, Dwi. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP: Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan

Ardy Wiyani, Novan. 2010. Inovasi Kurikulum dan Pembeljaaran PAI SMA

Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru.

Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Statistic

Abstract view : 17 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.