PKM Pemberdayaan Hasil Kreativitas Santri untuk Meningkatkan Perekonomian Pesantren pada Masa Pandemi Covid 19

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2869

Authors (s)


(1) * Sofian Syaiful Rizal   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Izah Afkarina   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Niroh Qonita Tillah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Ayu Asari   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Halimatus Sya'diyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Istiqomah Vidyanti   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Widya Anggraini   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil kreativitas santri mempunyai beraneka ragam jenis sesuai masing-masing skill yang di miliki oleh santri dibawah naungan kantor keterampilan Wilayah Az-zainiyah PP. Nurul Jadid. disaat pandemipun santri tetap menghasilkan kreatifitas semisal menghasilkan tas dengan sulaman tangan, menghasilkan pot bunga dengan handuk yang tak terpakai disampah, menghasilkan bunga mawar cantik dengan botol bekas, menghasilkan tulisan kaligrafi indah dengan menempelkan pada kaca dll. tentunya dengan hasil kreatifitas santri ini butuh pendampingan dan pelatihan/workshop agar lebih terarah dan bermanfaat hususnya dalam peningkatan perekonomian  pesantren dengan hasil kreatifitas santri dimasa pandemi covid 19 oleh karena itu pengabdian masyarakat ini memberikan kompetensi wirausaha produktif bagi santri. Mitra kegiatan pengabdian adalah PP. Nurul Jadid Wilayah Az-Zainiyah yang telah memiliki kerja sama enje mart (koperasi pesantren) dengan kantor keterampilan santri. Metode pelaksanaan kegiatan  pengabdian adalah sosialisasi/workshop, praktek, pendampingan. sosialisasi mengenai prospek hasil kreatifitas santri dengan melatih skill mereka dalam  peningkatan menegement perekonomian pesantren di masa pandemi.  Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian pesantren dan melatih skill santri dalam berwirausaha dengan hasil kreatifitas mereka sendiri dengan menejemen yang baik.


Keywords

Pemberdayaan; Kreativitas Santri; Perekonomian Pesantren



Full Text: PDF



References


Anwar, C. M. (2021). KEGIATAN MENUMBUHKAN KREATIFITAS REMAJA DI YAYASAN PONDOK PESANTREN TUNAS INSAN MULIA SAWANGAN DEPOK. PENGABDIAN SOSIAL, 122-126.

Fatmawati, V. W. (2019). SANTRI BERDIKARI: SEBUAH UPAYA MEWUJUDKAN SANTRI YANG SEHAT DAN MANDIRI. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-11.

Feriyadi, A. M. (2021). MENUMBUHKAN KREATIFITAS SANTRI DENGAN MEMBUAT MAKANAN KEKINIAN DI PONDOK PESANTREN DARUL FURQON RAMADHAN GUNUNG SINDUR BOGOR. PENGABDIAN SOSIAL, 133-138.

Kholiq, A. &. (2021). Peningkatan Skill Santri Melalui Pemanfaatan Kain Bekas Menjadi Barang Bernilai Guna Berupa Keset di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Al-Ridlo Krempyang Tanjunganom Nganjuk. Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 12-18.

Muda'i, S. &. (2020). Pengembangan Bakat Dan Potensi Dakwah Santri Berbasis Teknologi Informasi Di masa Covid-19 Di Pondok Pesantren Putra-Putri Miftahul Mubtadiin Ar-Ridlo Krempyang Nganjuk. Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-15.

Sari, M. M. (2021). MENUMBUHKAN EKONOMI KREATIF KERAJINAN TANGAN PADA BAHAN LOAK TERHADAP SANTRI AL-KAMILAH DI MASA PANDEMI. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 54-61.


Article View

Abstract views : 218 times | PDF files viewed : 207 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2869


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sofian Syaiful Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.