PKM Pelatihan Microsoft Office untuk Meningkatkan Keterampilan Administrasi Perkantoran bagi Siswi SMK Nurul Jadid

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2870

Authors (s)


(1) * Ratri Enggar Pawening   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Faiqatul Hikmah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Fakhrina Kamila   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Fiqih Humaidah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Fatimatus Zahro   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Putri Mar’atu Sholehah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Fadillah Nurul Imami   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(8)  Fajaratul Lailiah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu pendidikan vokasi yang mendapat perhatian dari pemerintah. Berbagai program yang sudah diluncurkan pemerintah bertujuan untuk mewujudkan lulusan yang kompeten yang dapat memenuhi kebutuhan industri. Bagi lulusan yang ingin mengembangkan karir di sektor perkantoran hendaknya menguasai aplikasi-aplikasi yang di pakai di perkantoran. Aplikasi yang perlu dikuasai adalah Microsoft Office. SMK Nurul Jadid merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid. Sekolah ini mempunyai visi menjadi SMK berkualitas yang agamis, berkarakter, berprestasi, dan berwawasan lingkungan. Mata pelajaran yang membahas Microsoft Office sudah diajarkan di kelas X dengan materi aplikasi dan fungsi-fungsi dasar. Untuk fungsi-fungsi yang mengarah ke administrasi perkantoran masih belum diajarkan di sekolah. Mempelajari fungsi-fungsi yang berkaitan dengan adminitrasi perkantoran sangat diperlukan oleh lulusan yang inginmengembangkan karir di perkantoran maupun bagi mereka yang membuka usaha jasa retal pengetikan.Tujuan pelaksaan PKM ini adalah menyelenggarakan pelatihan Microsoft Office untuk kebutuhan perkantoran pada siswi SMK Nurul Jadid. Dari hasil pelatihan dapat diketahui bahwa 75% peserta sudah mengetahui fungsi Microsoft Word untuk dasar-dasar perkantoran. Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti semua rangkaian acara. Hal ini terlihat dari kesungguhan mereka dalam mempraktekkan modul yang dipandu oleh pemateri.



Keywords

Microsoft Office; Administrasi Perkantoran; SMK Nurul Jadid



Full Text: PDF



References


Hartanto, C. F., Rusdarti, R., & Abdurrahman, A. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 163-170.

Permata, E., Denny, Y. R., Irwanto, I., & Fatkhurrokhman, M. (2021). Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDIT Al Muhajirin. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 413-420.

Radhya, Y., Edriati, S., & Yuhendri, R. (2020). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE EXCEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGOLAH DATA. Rangkiang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 32-37.

Rahman, A. S., Ellesia, N., Lismiatun, L., Azis, A., & Rahim, E. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MEMOTIVASI PROSES KBM YANG KREATIF DAN INOVATIF KEPADA SISWA-SISWI SMK MUHAMMADIYAH PARAKAN PAMULANG TANGERANG SELATAN. Jurnal LOKABMAS Kreatif Vol.02 No.01, 48-54.

Warjiyono, W., Suryanti, E., Rousyati, R., Fatmawati, F., Tazali, I., Lisnawati, L., et al. (2021). Pelatihan Aplikasi Perkantoran Untuk Meningkatan Kualitas SDM Perangkat Desa Karangmangu. Jurnal Abdimas BSI, 156-163.


Article View

Abstract views : 274 times | PDF files viewed : 577 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2870


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ratri enggar pawening

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.