PKM Pendampingan Strategi Usaha Mikro dan Kecil Menengah Batik Dewi Rengganis untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga dan Daya Saing

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2908

Authors (s)


(1) * Muh Hamzah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Rusida Rusida   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Silviana Devi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Husnul Khotimah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Tartila Tartila   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Nurul Isma   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Wildatul Aluf   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Posisi usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) dalam peta ekonomi nasional sangat penting. Hal ini karena perannya yang besar dalam membendung masalah-masalah ekonomi dan sosial masyarakat, seperti persoalan kemiskinan, pengangguran, dan lain sebagainya. Selain itu, fungsi lainnya yang tidak bisa diabaikan ialah pemberdayaan masyarakat. Fungsi ini dijalankan dengan baik oleh UMKM Batik Dewi Rengganis. UMKM ini menjadi salam satu sumber ekonomi bagi perempuan-perempuan yang tinggal di sekitar home industry tersebut. Pendampingan ini bersifat tranformatif-partisipatoris dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research. Selama proses pendampingan berlangsung diperoleh beberapa hal berikut bahwa strategi yang digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar ialah dengan a). memberdayakan kaum perempuan, 2). Membuat galeri batik tidak hanya sebagai sarana memasarkan produk, namun juga sebagai sarana wisata edukasi bagi masyarakat, 3). Memiliki motif dan corak yang beranekaragam, dan 4). Selalu berinovasi dan berkreasi. Selain itu, beberapa hal yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana mengembangkan kemampuan sumber daya manusia dan teknologi dengan misalnya mengikutsertakan beberapa SDM yang ada dalam kegiatan-kegiatan pelatihan, penyuluhan, maupun workshop tentang batik dan teknologi informasi, serta menyediakan akses pemasaran yang memadai.


Keywords

Pendampingan; Strateri Pemasaran; UMKM Batik Dewi Rengganis



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 142 times | PDF files viewed : 132 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v2i3.2908


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh Hamzah, Rusida Rusida, Silviana Devi, Husnul Khotimah, Tartila Tartila, Nurul Isma, Wildatul Aluf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.