PKM Peningkatan Potensi Sumber Daya Lokal Pantai Kampung Pelangi dalam Mengembangkan Desa Wisata di Randuputih Dringu Probolinggo

Husni Mubaroq(1), Murtias Puji(2*)
(1) Universitas Panca Marga
(2) Universitas Panca Marga
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i3.3001

Abstract

Program desa wisata merupakan salah satu usaha pemerintah dalam melakukan pemberdayaan masyarakat dengan cara mengelola potensi sumber daya lokal untuk menanggulangi kemiskinan di daerah tersebut. PKM ini difokuskan pada pemerintah dan masyarakat desa dalam upaya pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan di Desa Randuputih Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang program desa wisata sebagai salah satu perwujudan pemberdayaan masyarakat dalam memandirikan masyarakat di Desa Randuputih. Penelitian ini menjadi penting karena akan menganalisis bentuk pemberdayaan masyarakat melalui Desa Wisata di Desa Randuputih dengan adanya kajian ini akan memberikan wawasan dalam rangka pengembangan Desa Wisata sehingga masyarakat dapat memanfaatkan potensi lokal yang ada di desa wisata tersebut.

Keywords


Community , Potential, Resources, Tourism

References


Abdur Rohim, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata (studi di Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DIY)”, skripsi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013, hlm. 20

Amrulloh, Zaenudin. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pariwisata Pada Dusun tradisional sasak Sade LombokNTB,2014.

Arikunto, Suharsimi (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.Hlm 136.

Dumasari.2014.Dinamika Pengembangan Masyarakat Partisipatif.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hlm 17-18

Hanifa Fitrianti, “Strategi Pengembangan Desa Wisata Talun Melalui Model Pemberdayaan Masyarakat” dalam jurnal Economics Development Analysis Journal, VOL.3,No.1,(2014),hlm.210-211.

Maisaroh, (2011) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Rumah Pintar Pijoengan Di Dusun Daraman, Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

Oka A Yoeti. (1992). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Ofset Angkasa. Hal-12

R.Randy, Wrihatnolo. 2007. Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : PT. Elex Komputindo.

Soetomo, (2014). Keswadayaan Masyarakat Manifestasi Kapasitas Masyarakat Untuk Berkembang Secara Mandiri, Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sumardjo.(1999). Transformasi Model Penyuluhan Pertanian Menuju Pengembangan Kemandirian Petani. Kasus di Propinsi Jawa Barat. Disertasi Doktor Bogor. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Totok Mardikanto, Poerwowo Soeboto, (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

Wrihatnolo, Randy R. dan Riant Nugroho Dwidjowijoto, (2007). Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo.


Article Statistic

Abstract view : 12 times
PDF views : 3 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.