PKM Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi bagi UKM Kripik Singkong Gazal Makmur di Desa Kotaanyar pada Masa New Normal

Cahyuni Novia(1*), Firda Meiliya Hendriana(2), Fiyan Aprilia Vionata(3), Ira Alfa Ida(4), Irna Charisma Damaiyanti(5), Ismiatul Maula(6), Syifa Fauziah(7), Ulfatur Rahma(8)
(1) Universitas Nurul Jadid
(2) Universitas Nurul Jadid
(3) Universitas Nurul Jadid
(4) Universitas Nurul Jadid
(5) Universitas Nurul Jadid
(6) Universitas Nurul Jadid
(7) Universitas Nurul Jadid
(8) Universitas Nurul Jadid
(*) Corresponding Author
DOI : 10.33650/guyub.v2i3.3176

Abstract

Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada saat ini, baik di sektor usaha jasa maupun produksi mengalami beragam tantangan berat dalam kondisi pandemi Covid-19. Pelaku UKM dihadapkan pada era tatanan baru dan kenormalan baru atau lebih dikenal dengan sebutan New Normal. Era New Normal memberikan tantangan sekaligus peluang bagi pelaku UKM. Media sosial saat ini media yang paling efektif digunakan dalam kegiatan promosi. Media sosial dimanfaatkan sebagian besar UKM untuk mengadakan kontak personal dengan konsumen, promosi/ advertising, melakukan pendataan kebutuhan konsumen dan menyampaikan respon ke konsumen. Kegiatan pengabdian kepada masysrakat ini bertujuan untuk mendampingi dan memberikan pelatihan kepada UKM Gazal Makmur dalam mempromosikan produknya melalui media sosial menggunakan aplikasi Facebook, You tube, Instagram dan TikTok. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah UKM Gazal makmur dapat meningkatkan kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi khususnya mempromosikan produk menggunakan aplikasi media sosial TikTok, YouTube, Instagram dan Facebook. Viewer akun aplikasi YouTube lebih cepat banyak jumlah penontonnya dibanding TikTok, sedangkan follower Facebook lebih banyak dibandingkan Instagram.

Keywords


Media sosial; Promosi; UKM

References


Amoah, J., & Jibril, A. B. (2020). Inhibitors Of Social Media as an Innovative Tool for Advertising and Marketing Communication: Evidence from Smes in A Developing Country. Innovative Marketing, 16(4), 164-179. http://dx.doi.org/10.21511/im.16(4).2020.15

Andhika, A. (2020). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui YouTube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Ke Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26-30.

Asiodu, I. V., Waters, C. M., Dailey, D. E., Lee, K. A., & Lyndon, A. (2015). Breastfeeding and Use of Social Media Among FirstTime African American Mothers. JOGNN – Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing, 44(2), 268-278. https://doi. org/10.1111/1552-6909.12552

Ayesh, G. (2016). Strategi Internet Marketing Band Indie Pekan Baru Dalam Mempromosikan karya Musik Melalui Reverbnation. Com. JOM FISIP, 3(1), 1-18.

Dekker, R., van den Brink, P., & Meijer, A. (2020). Social Media Adoption In The Police: Barriers And Strategies. Government Information Quarterly, 37(2), 101441. https://doi.org/10.1016/j. giq.2019.101441

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2).

Gu, J., Han, B., & Wang, J. (2020). Covid19: Gastrointestinal Manifestations and Potential Fecal–Oral Transmission. Journal Gastroenterology, 158(6), 1518- 1519.

Jansen, B. J., Sobel, K., & Cook, G. (2011). Classifying Ecommerce Information Sharing Behaviour By Youths On Social Networking Sites. Journal of Information Science, 37(2), 120-136.

Jibril, A. B., Kwarteng, M. A., Chovancova, M., & Pilik, M. (2019). The Impact Of Social Media On Consumer-Brand Loyalty: A Mediating Role Of Online Based Brand Community. Cogent Business & Management, 6(1), 1673640.

Kemp, S. (2018). Digital in 2018 : World’s Internet Users Pass The 4 Billion Mark. https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018

Kemp, S. (2020). Digital in 2020: New Decade, New Milestones. https://wearesocial.com/digital-2020.

Nasrullah, Rulli.(2017) Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media

Nurhasanah, E., Tasia, F. E., Kurniawan, W., Afriliani, F., & Soffiatun, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Chanel YouTube Sebagai Media Promosi Pendidikan Digital Pada Yayasan Kusuma Cahaya Gemilang Cipondoh Tangerang. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2).

Prasetyawati, Y. R., Setyaningtyas, E., Ayu, J. P., Sartika, K. D., & Adithia, S. (2021). Pelatihan Culinary Entrepreneur Dalam Mengembangkan Kinerja UMKM di Masa Pandemi. Journal of Servite, 3(1), 31-43.

Ratri, A.K. (2020). Analisis Keamanan Browser Menggunakan Metode National Institute Of Justice (Studi Kasus: Facebook Dan Instagram). (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Telkom Purwokerto).

Su, Y., Baker, B.J., Doyle, J.P., & Yan, M. (2020). Fan Engagement In 15 Seconds: Athletes’ Relationship Marketing During A Pandemic Via TikTok. International Journal of Sport Communication, 13(3), 436-446.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16- 29

Tasliman, M., & Suryawibawa, D. T. (2019). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Syariah di PT. Jannata Land. Prosiding, 940–945.

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81-92.

Yasundari. (2016). Hubungan Penggunaan Instagram Dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas. Jurnal Kajian Komunikasi, 4, 208– 218.

Fleming-Milici, F., & Harris, J. L. (2020). Adolescents’ engagement with unhealthy food and beverage brands on social media. Appetite, 146, 104501.


Article Statistic

Abstract view : 24 times
PDF views : 0 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.