PKM Pendampingan Communicative Concept Mapping Proyek Islamisasi Kurikulum Pendidikan di Pesantren Nurul Jadid

Rojabi Azharghany, Shafira Aulia, Shofiatul Meiniah, Mufliha Mufliha, Ulfi Nadiroh, Zahratul Fikri An-Nabila
DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i2.4116



Abstract

Kegelisahan yang dialami pemegang kebijakan arah pendidikan dalam menentukan profil lulusan santri di Pesantren Nurul Jadid, muncul gagasan untuk melakukan “islamisasi” kurikulum pendidikan. Namun gagasan yang muncul tersebut dimungkinkan kurang akrab dalam pengetahuan guru. Disinilah pentingnya pemetaan pengetahuan dengan harapan dapat menjadi dasar untuk rencana aksi. Langkah awal yang perlu dilakukan adalh dengan membuat jalur Communicative Concept Mapping (pemetaan konsep komunikatif), sebuah metode yang sering digunakan untuk menilai pengetahuan partisipan tentang suatu topik. Proyek saya mempelajari bagaimana pengetahuan guru terkait berpikir reflektif tentang islamisasi pengetahuan dan penilaian mereka terhadap islamisasi pengetahuan yang mereka fahami untuk diterapkan dalam kurikulum selama pengalaman profesional (professional experience) mengajar. Pendampingan ini menghasilkan sudut pandang metodolgis dan praktis Pertama, Masuk ke dalam, jangan lebar . Metode pemetaan konsep ini menghasilkan sejumlah besar data kualitatif untuk digunakan, jadi lihatlah pengetahuan, perubahan pengetahuan, dan penalaran beberapa orang secara mendalam. Ini bukan metode praktis untuk studi skala menengah atau lebih besar. Kedua, Menggabungkan peta konsep dengan wawancara memberikan peluang yang sangat baik untuk triangulasi pernyataan peserta mengenai pemahaman mereka tentang topik tersebut. Ini juga memungkinkan Anda untuk beralih dari pertanyaan tentang apa yang diketahui peserta (sesuai peta konsep mereka) ke pertanyaan menyelidik tentang bagaimana mereka mengetahuinya dengan cara tertentu.



Keywords

islamisasi kurikulum, pemetaan konsep komunikatif, berpikir reflektif, pengalaman professional, Pesantren Nurul Jadid

Full Text:

PDF

References

Anderson, J. (2020). Key concepts in ELT: reflection. ELT Journal, 74(4), 480–483.

Brock, M. N., Yu, B., & Wong, M. (1992). Collaborative diary-keeping: A tool for teacher development. TESL Reporter, 25, 7.

Burns, A. (1999). Collaborative action research for English language teachers. Cambridge University Press.

Calderhead, J. (1989). Reflective teaching and teacher education. Teaching and Teacher Education, 5(1), 43–51.

Cole, R., Raffier, L. M., Rogan, P., & Schleicher, L. (1998). Interactive group journals: Learning as a dialogue among learners. Tesol Quarterly, 32(3), 556–568.

Daud, W. M. N. W., & Nor, W. M. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan.

Dewey, J. (1997). How We Think. Dover Publications, Inc.: Mineola, New York.

Goodman, J. (1984). Reflection and teacher education: A case study and theoretical analysis. Interchange.

Harwood, V., & McMahon, S. (2014). Medicalization in schools. The SAGE Handbook of Special Education, 913–930.

Killen, L. R. (1989). Reflecting on reflective teaching: A response. Journal of Teacher Education, 40(2), 49–52.

Lippincott, A. C. (1999). Reflective thinking among and between beginning professionals. University of California, Santa Barbara.

McMahon, S. E. (2013). Mapping the epistemological journeys of five preservice teachers: the reconstruction of knowledge of challenging behaviour during professional experience.

Naquib, A. S. M. (1993). Islam and secularism. Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia (ABIM).

Newman, S. (2018). Philosophy and teacher education: A reinterpretation of Donald A. Schön’s epistemology of reflective practice. Routledge.

Richards, J. C. (1990). Beyond training: Approaches to teacher education in language teaching. Language Teacher, 14(2), 3–8.

Richards, J. C., & Lockhart, C. (1992). Teacher development through peer observation. Tesol Journal, 1(2), 7–10.

Rosas, S. R. (2012). The utility of concept mapping for actualizing participatory research. Cuadernos Hispanoamericanos De Psycologia, 12(2), 7–24.

Schon, D. A. (1984). The reflective practitioner: How professionals think in action (Vol. 5126). Basic books.

Schön, D. A. (1987). Educating the reflective practitioner: Toward a new design for teaching and learning in the professions. Jossey-Bass.

Sellars, M. (2017). Reflective practice for teachers. Sage.

Shulman, L. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1–23.

Smyth, J. (1989). Developing and sustaining critical reflection in teacher education. Journal of Teacher Education, 40(2), 2–9.

Soleh, A. K. (2013). Filsafat Islam dari Klasik hingga kontemporer. Ar-Ruzz Media.

Tabachnick, B. R., & Zeichner, K. M. (1991). Issues and practices in inquiry-oriented teacher education (Vol. 3). Citeseer.

Tarjana, M. S. S. (2003). Bringing reflections into the TEFL classrooms. Teflin Journal, 13(2), 152–162.

Tillema, H., & van der Westhuizen, G. J. (2006). Knowledge construction in collaborative enquiry among teachers. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 12(1), 51–67.

Valli, L. (1992). Reflective teacher education: Cases and critiques. Suny Press.

Wade, R. C., & Yarbrough, D. B. (1996). Portfolios: A tool for reflective thinking in teacher education? Teaching and Teacher Education, 12(1), 63–79.

Wajnryb, R. (1992). Classroom observation tasks: A resource book for language teachers and trainers. Cambridge University Press.

Wallace, M. J., & Bau, T.-H. (1991). Training foreign language teachers: A reflective approach. Cambridge University Press.

Wan Daud, W. M. N. (2009). Dewesternization and Islamization: Their epistemic framework and final purpose. International Conference on Islamic University Education, 27–30.

Zeichner, K., & Liston, D. (1987). Teaching student teachers to reflect. Harvard Educational Review, 57(1), 23–49.

Zeichner, K. M., & Liston, D. P. (1996). Reflective teaching: an introduction. Mahwah, NJ: L. Erlbaum Associates.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i2.4116


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rojabi Azharghany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.