PKM Pendampingan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pelaporan Absensi Siswa through WhatsApp di MI Raudlatul Ulum Karanggeger

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i2.4129

Authors (s)


(1) * Maulidiansyah Maulidiansyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Hikmatul Wasidah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Inayatul Maula   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Jamiatul Uhrowiyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Absensi adalah bentuk pendataan kehadiran siswa yang merupakan bagian penting dari proses monitoring keaktifan dan kedisiplinan siswa di sekolah. Absensi menjadi hal yang sangat penting bagi sekolah dan siswa karena menjadi salah satu tolak ukur terhadap kelulusan siswa. Selain itu absensi juga biasa digunakan untuk bahan mengevaluasi dan penanganan siswa yang rajin dan tidak rajin. Dari hal tersebut, sekolah MI Raudlatul Ulum merasa perlu untuk mengirim laporan absensi siswa kepada wali murid agar wali murid juga bisa ikut memonitoring dan menjaga kedisiplinan putra/putrinya di sekolah. Hanya saja butuh waktu lama dan tidak mudah jika pelaporan dilakukan secara manual, mengingat jumlah siswa pada MI Raudlatul Ulum yang tidak sedikit. Maka pada pengabdian ini diusulkan untuk membuat Pendampingan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pelaporan Absensi Siswa Via Whatsapp di Raudatul Ulum Karanggeger. Sehingga pihak sekolah bisa mengirim laporan absensi siswa kepada wali murid dengan cepat dan mudah


Keywords

Absensi; Siswa; Sekolah; WhatsApp, Raudlatul Ulum



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 198 times | PDF files viewed : 155 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i2.4129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maulidiansyah Maulidiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.