PKM Pelatihan Komputer untuk Peninggkatan SDM bagi Siswa-Siswi SDN Banjarsari III

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i2.4215

Authors (s)


(1) * Mochammad Faid   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ahmad Muzakki Eko Fitra Firmandani   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Dwi Lucky Setyawan   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)
(4)  Muhammad Rizky Pratama   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)
(5)  Ilham rahmadan   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Rizqi Fawaid   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Ahmad Muzakki Eko Fitra Firmandani   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(8)  Moch. Aqil Aulady   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(9)  Yogis Dirga Primanda   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(10)  M. Robith Widadi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(11)  Wafi Rijal Fahmi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi terus-menerus mengalami perkembangan. Sehingga, teknologi menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi aktivitas kehidupan manusia. Indonesia sebagai negara berkembang juga ikut merasakan dampak perkembangan teknologi. Karena hampir seluruh sektor di indonesia sudah menggunakan teknologi, khususnya di sektor pendidikan. Microsoft Office seperti Word, Excel dan Power Point adalah beberapa aplikasi yang sering digunakan di sekolah-sekolah di indonesia. Akan tetapi biasanya aplikasi-aplikasi tersebut hanya di gunakan dan dipelajari ditingkat sekolah menengah keatas, dan sekolah - sekolah dasar elite. SDN Banjarsari 3 merupakan salah satu sekolah dimana siswa-siswi nya tidak mengenal aplikasi di komputer seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Maka dari itu kami ingin memberikan pelatihan terhadap siswa-siswi di sekolah tersebut, dengan bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menggunakan metode pelatihan melalui praktek langsung, sehingga nantinya di harapkan siswa mampu menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Power Point dengan baik dan benar. Dengan target capaiannya, mampu membuat surat dan mengelola kata sederhana, menguasai sistem aritmatika sederhana, dan membuat slide sederhana.



Keywords

Technology; Education; Microsoft; Student; Training.



Full Text: PDF



References


Dharmawati dharmawati, I. L. (2020). Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 18 - 25.

Hernawan, A. I. (2019, Desember 9). 12 Tips Cara Belajar Menggunakan Excel Dengan Cepat. Diambil kembali dari Windowsku: https://windowsku.com/10-tips-cara-belajar-menggunakan-excel-cepat/

Hesti Wahyuni Anggraini, E. I. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Dalam Proses Pembelajaran Bagi. Jurnal Karya Abdi, 173 - 177.

Jumriadi Jumriadi, A. S. (2021). PELATIHAN MS. OFFICE WARGA KELURAHAN PENGEMBANGAN. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 421 - 428.

Masayu Rosyidah, M. R. (2019). Pelatihan Penggunaan Mmicrosoft Office Bagi Guru SMP. Jurnal Abdimas Madani dan Lestari, 70 - 78.

Nanang nang, L. P. (2021). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE WORD DAN EXCEL UNTUK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 75 - 83.

Nurul Ahadia, M. Z. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. 10.29303/jpmpi.v4i1.601, 127-130 .

Purnama, H. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA POLITEKNIK LP3I JAKARTA DALAM MENERIMA BERBAGAI STUDI KASUS BARU. Jurnal Lentera Bisnis, 36 - 48.

Rianto, A. K. (2019). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE SEBAGAI UPAYA PENEGEMBANGAN DAN PENGANGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN APLIKASI PENGOLAH KATA DAN ANGKA BAGI GURU PAUD AL - MUTHI'IN YOGYAKARTA. 10.28989/kacanegara.v2i2.446, 99 - 103.


Article View

Abstract views : 176 times | PDF files viewed : 132 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i2.4215


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mochammad Faid ., Ahmad Muzakki Eko Fitra Firmandani, Dwi Lucky Setyawan, Muhammad Rizky Pratama, Ilham rahmadan, Rizqi Fawaid, Ahmad Muzakki Eko Fitra Firmandani, Moch. Aqil Aulady, Yogis Dirga Primanda, M. Robith Widadi, Wafi Rijal Fahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.