PKM Pendampingan Pengembangan Bakat dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SD Islam Miftahul Ulum Pakuniran Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4312

Authors (s)


(1) * Moh. Rifa'i   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ach. Muchyiddin   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Mohammad Hosen   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Moh. Mabrur   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Syamsul Aimmah Burhanuddin   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Usamah bin Muhammad   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Moh. Yusni Fatoni   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(8)  Asy’ari Asy’ari   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan prestasi siswa sangat urgen. Implikasi prestasi siswa dapat berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Sekian banyak pengelolanya berusaha meningkatkan layanan agar dapat mencetak calon-calon lulusan yang beprestasi. Sekian banyak problematika yang dihadapi termasuk dalam kondisi ketidaksiapan yang maksimal dalam mengikutsertakan siswanya dalam event-event. Maka diperlukan pendampingan maksimal dalam membina bakat siswa yang telah tersedia. Pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research) dikuatkan dengan metode survey lapangan, analisis masalah yang berkembang di lapangan, FGD (Focus Group Discussion), analisis SWOT, tindakan langsung di lapangan yang terdiri atas program pendampingan dalam pendampingan pengembangan bakat siswa yang dapat berimplikasi terhadap peningkatan prestasi siswa dan citra lembaga. Objek pendampingan adalah para siswa berbakat di SD Islam Miftahul Ulum. Program PKM pendampingan pengembangan bakat dilakukan melalui program pendampingan pelatihan siswa berbakat sesuai kompetensi masing-masing siswa dengan pengaturan jadwal pendampingan bagi peserta didik berbakat yang dikuatkan dengan pembagian tugas yang dilakukan oleh peserta PKM program studi manajemen pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid dan di akhir dengan implementasi pendampingan terhadap program promosi siswa berbakat. Pendampingan ini memberikan kontribusi yang efektif dan efisien dalam peningkatan bakat siswa secara berkelanjutan.



Keywords

Pendampingan; Pengembangan Bakat; Peningkatan Prestasi Siswa



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 197 times | PDF files viewed : 141 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4312


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moh. Rifa'i Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.