PKM Akselerasi Baca Tulis Al-Quran terhadap Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran dengan Metode Iqra’ dan Tartila di Madrasah Diniyah Raudlatul Muta’allimin Kraksaan

Ainul Yakin, Ferdiyansyah Ferdiyansyah, Fikri Ahmad Ghani, Candra Revan Daus
DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4378



Abstract

PKM ini bertujuan untuk mengetahui opersionalisasi kombinasi metode Iqra dan Tartila dan efektifitas dalam penerapan metode tersebut pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Raudlatul Muta’allimin.  Pemilihan metode tersebut diharapkan dapat mengakselerasi kemampuan baca tulis Al-Quran secara optimal.  Sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan edukatif dan partifipatoris guna mencapai target capaian yang ditetapakn selama pengabdian. Hasil dari PKM: 1). Pembelajaran baca tulis Al-Quran difukuskan pada menyimak, membaca, makharijul huruf, dan menulis huruf-huruf hijaiyah. Kemudian untuk  meningkatkan ingatan peserta didik menggunakan metode hafalan dan dikte (imla’). Selain itu, pendamping melakukan rotasi kelas pada saat pergantian jam pelajaran. Penerapan metode Tartila lebih menekankan pedak kemampuan menulis, sementara metode Iqra’ lebih difokuskan pada cara cepat baca Al-Quran.  2). Penggabungan antara dua metode yang fokusnya berbeda yaitu kombinasi metode Iqro’ dan Tartila memberikan pada meningktnya kemmapuan dasar anak usia dini terhadap huruf hijaiyah, makhorijul huruf, dan cara-cara dasar menulis Al-Quran dengan lebih efektif, efisien dan beimbang antara kemampuan membaca dan menulis. Melalui metode kombinsi tersebut anak didik tidak hanya menghafal huruf tapi juga dapat mengingat lebih mudah melalui praktik menulis secara berulang-ulang sekigus memiliki kemampuan menilis Arab dengan baik.


Keywords

Akselerasi Baca-Tulis; Al-Quran; Metode Tartila; Metode Iqra’; Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Cookson, Maria Dimova, and Peter M.R. Stirk. (2019). Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tilawati, 21-23

Rozi, F., & Aminullah, Moh. (2021). Inovasi Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. MANAZHIM,3 (2),183–200.

Hamdani, Muhamad. (2018). Penerapan Metode Membaca Alquran Pada Tpa Di Kecamatan Amuntai Utara (Studi Pada Metode Iqra Dan Metode Tilawati).” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 11, no. 24: 89–106.

Inten, D.N, Helmi Aziz, Khambali, and Dewi Mulyani. (2021) . Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran Di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Tambusai 5, No: 1–9.

Lubis, Halimatussa’diyah. (2020). Urgensi Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Alquran Di Raudhatul Athfal Kota Medan.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 12, No. (1). 60–68. .

Maulana, U I N, and Malik Ibrahim. (2019). Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Anak Usia Dini, 312–25.

Nurhayati, Teti, Euis Cici Nurunnisa, and Husni Husni.(2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’(Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis)." Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3.124-26

Nur, I. M. (2001). Differing Responses to an Ahmadi Translation and Exegesis: The Holy Qur’an in Egypt and Indonesia. Journal of Archipel, 62(1), 143-161.

Santoso, Subhan Adi, Maftuhah, and Suharsono. (2018) Implementasi Metode Iqra’ Dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Di Madrasah Diniyah Al-Falah Modung Bangkalan Subhan Adi Santoso, Maftuhah, Suharsono. Annaba: Jurnal Pendidikan Islam 4, No. 1.42-43

Syaikhon, Muhammad. (2017). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Alqur’an Pada Anak Usia Dini Di Kb Taam Adinda Menganti Gresik. Education and Human Development Journal 2, No. (1) 394.

Sauri, S., Hapsah, S. H., Amri, N., Jumad, A., Najwa, S., Latifaturrahmaniah, L., & Sakrani, A. (2021). Implementasi Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Di TPQ Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(01), 54–61.

Ulfah, Tsaqifa Taqiyya. (2019). Muhammad Shaleh Assingkily, and Izzatin Kamala. Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, No. (2).44-54.

Wafa, A., Rafiuddin, Ach., Lukman, L., Jali, J., Imamah, I., & Musyarrofah, M. (2021). Pendampingan Pembinaan Baca Tulis Al-Quran, Ibadah Dan Moral Remaja Desa Daleman Dusun Bates Kedungdung Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 123–136.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4378


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ainul Yakin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.