PKM Pendampingan Menulis Konten Public Speaking untuk Siswa dalam Menghadapi Olimpiade Nasional

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4582

Authors (s)


(1) * Durratul Hikmah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Siti Fadilah Ulfa   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Ratna Yunita   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan 1) memberikan pengetahuan pengetahuan menulis konten public speaking sesuai sistematika 2) melihat apakah program pengabdian ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam penulisan konten public speaking. Pelaksanaan pendampingan penulisan konten public speaking dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari 3 tahapan. Tahap pertama, persiapan. Pada tahap ini tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait teknis, tempat, target capaian dan peserta dalam kegiatan pengabdian ini. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan sebanyak lima pertemuan. Pertemuan pertama diisi pre-test, tiga pertemuan berikutnya diisi dengan pendampingan menulis konten public speaking yang meliputi menentukan tema, mengumpulkan bahan, membuat kerangka tulisan, dan mengembangkan ide, dan Post-test dilaksanakan pada pertemuan kelima. Tahap terakhir adalah evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya kegiatan pendampingan ini, kemampuan menulis peserta dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perolehan nilai dari nilai rata-rata pre-test (61.8) hingga post-test (81.4).



Keywords

Public Speaking; Menulis; Olimpiade



Full Text: PDF



References


Atmoko, D., Rosmalia, & Subekti, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Teks Pidato Dan Berpidato Pada Siswa Kelas XII Smk Semesta Bumiayu. Junal Abdimas Bhakti Indonesia, 31-38.

Brown, H. D., & Lee, H. (2015). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (4th ed). New York: Pearson Education.

Ekowijayanto, M., Rizki, T., Jannah, S., Rohmaniyah, S., Fitriana, N., Fauzi, R., & Imamah, M. (2021). PKM Pelatihan Kosakata Bahasa Inggris melalui Media Audio-Visual bagi Santri di Asrama Excellent Language Organization [EXO] MAN 1 Probolinggo. Guyub, 476-485.

Hardyanti, & Maro. (2021). Penguatan Kompetensi Komunikasi Melalui Pelatihan Public Speaking dan Pembentukan Komunitas Public Speaker. ABDIMAS, 10-16.

Indriastuti. (2017). Strategi Belajar Siswa Partisipan Kompetisi Bahasa Inggris. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 78-84.

Lucas, S. E. (2015). The Art of Public Speaking. New York: McGraw-Hill Education.

Ramadhani, P., & Ulfa, K. (2022). Public Speaking melalui Kompetisi Bahasa Inggris secara Daring. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 45-51.

Sadiku, L. M. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Writing, Listening, and Speaking in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies, 29-31.

Subrata, H. (2021). Use of Contextual Learning Approach to Improving Speech Writing Skills in Primary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 1268-1273.

Tarigan, H. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa.

Zakaria, Darmalina, & Yeny, E. (2021). The Influence if English Mastery Toward the Public Speaking Skills in English Department at State Polytechnic of Sriwijaya. Holistic Journal, 28-37.


Article View

Abstract views : 140 times | PDF files viewed : 108 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4582


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Durratul Hikmah, Siti Fadilah Ulfa, Ratna Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.