PKM Pendampingan Menulis Konten Public Speaking untuk Siswa dalam Menghadapi Olimpiade Nasional

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4582

Authors (s)


(1) * Durratul Hikmah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Siti Fadilah Ulfa   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Ratna Yunita   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan 1) memberikan pengetahuan pengetahuan menulis konten public speaking sesuai sistematika 2) melihat apakah program pengabdian ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam penulisan konten public speaking. Pelaksanaan pendampingan penulisan konten public speaking dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari 3 tahapan. Tahap pertama, persiapan. Pada tahap ini tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait teknis, tempat, target capaian dan peserta dalam kegiatan pengabdian ini. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan sebanyak lima pertemuan. Pertemuan pertama diisi pre-test, tiga pertemuan berikutnya diisi dengan pendampingan menulis konten public speaking yang meliputi menentukan tema, mengumpulkan bahan, membuat kerangka tulisan, dan mengembangkan ide, dan Post-test dilaksanakan pada pertemuan kelima. Tahap terakhir adalah evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya kegiatan pendampingan ini, kemampuan menulis peserta dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perolehan nilai dari nilai rata-rata pre-test (61.8) hingga post-test (81.4).



Keywords

Public Speaking; Menulis; Olimpiade



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 169 times | PDF files viewed : 123 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4582


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Durratul Hikmah, Siti Fadilah Ulfa, Ratna Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.