PKM Sosialisasi Pengenalan Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Media Wayang di Yayasan Al-Ikhlas

Mohammad Sofyan Adi Pranata, Dzurratul Afra Afifah
DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4603



Abstract

Generasi muda Indonesia saat ini harus mengetahui seni pertunjukkan wayang agar kesenian yang sudah diakui oleh dunia tidak hilang dimakan kemajuan zaman. Langkah tersebut bisa dimulai dari usia sekolah dengan menampilkan pertunjukkan- pertunjukkan wayang Indonesia. Wayang tidak hanya dapat dipelajari melalui mata pelajaran kesenian daerah saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai salah satu media pembejaran utamanya pembelajaran bahasa inggris. Tujuan dari diselenggarakannya pengabdian ini adalah untuk membuat santri senang belajar bahasa inggris dengan konsep melestarikan pewayangan sebagai media yang menyenangkan. Metode yang digunakan dalam “Sosialisasi Pengenalan Bahasa Inggris menyenangkan dengan media wayang” menggunakan peragaan secara langsung. Dengan program tersebut, santri Yayasan Al-Ikhlas menunjukkan rasa antusias dan semangat belajar Bahasa Inggris dengan media wayang


Keywords

Wayang, Keterampilan Bahasa, Fun Learning

Full Text:

PDF

References

Abidin, Yunus. (2011). Teori Dan Implementasi Pembelajaran Bahasa. Hzaa Press Andriani, Aplikasi Pembelajaran Rangka Manusia Berbasis Multimedia Interaktif menunjukkan bahwa multimedia mampu meningkatkan, 2012.

Arsyad, A.2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja grafindo Persada

B. Mubarok, English For PreSchooler, 2010, Diakses di http://www.sagarabahasa.com

(21/04/2020)

Basrowi dan Suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia Brown, H.

Douglas. (2001). Teaching By Principles An Interactive Approach To Language

Pedagogy (second ed.). Longman: San Francisco State University.

Halliwell, Susan. (1992). Teaching English In The Primary School. London: Longman Kharisma, Rizqi Sukma, dkk, “Perancangan Media Pembelajaran Berhitung Berbasis

Multimedia Flash”, Jurnal Ilmiah DASI Vol. 16 No. 02 Juni 2015, hlm 42-47 Linda Kartika Sari & Dimas

Sasongko 2013. Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris untuk Santri Sekolah Dasar. Jurnal Vol 2 No 1-Maret 2013 ISSN: 2302-1136. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Surakarta.

Melianingsih, Nuning, “Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dan Santri Sekolah Dasar Berbasis Macromedia Flash 8,” Politeknosains, Vol. XVII, No. 1, Maret 2018.

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan Media Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan dan Tumbuhan) dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65-70.

Pratama, D. (2015). Wayang Kreasi: Akulturasi Seni Rupa Dalam Penciptaan Wayang Kreasi Berbasis Realitas Kehidupan Masyarakat. DEIKSIS, 3(04), 379-396.

R. Susilana dan C. Riyana, Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima, 2009.

Safaat, Nazruddin H; Sari, Oktariani, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kinect”, Jurnal CoreIT, Vol. 2, No. 1, Juni 2016.

Saiputri, A. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran wayang pada Materi terhadapa Jenisjenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. SimkiPedagogia 1(06).

Saraswati, D. L., & Dasmo. (2018, November). Student Worksheet Based Inkuiri Social Interactions. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1120, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.

Widianto, E. (2017). Media Wayang Mini dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar Bipa A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1).

Zipes, Jack. (2004). Speaking Out Story Telling And creative Drama For children [online].

Tersedia di: http://www.gigapedia.com[16 Maret 2020


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4603


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 mohammad sofyan adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.