PKM Pelatihan Kepemimpinan Dasar untuk Membentuk Jiwa Kepemimpinan yang Responsif dan Inovatif pada Siswa Kelas Akhir di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4729

Authors (s)


(1) * Abdurrahman Abdurrahman   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Surianto Surianto   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Moh Marsuki   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Muhammad Arifin Ainul Fatah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Syamsul Arifin   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Nurdi Ansyah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Masrur Lu’ai Sa’dullah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


SMA Nurul Jadid merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan SMA Nurul Jadid Pondok Pesantren Nurul Jadid dan telah berdiri sejak tahun 1973 dengan jumlah siswa 1352 di tahun ajaran 2021-2022 dengan rincian 350 untuk kelas akhir (XII), 433 kelas XI dan sisanya kelas X. Dari 350 siswa kelas akhir, besar kemungkinan 70 hingga 80% di antaranya lebih memilih masuk di perguruan tinggi di luar Pondok Pesantren Nurul Jadid. Keadaan ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia baru yang lebih kompleks. Meski demikian, permasalahhan yang dihadapi SMA Nurul Jadid adalah kurangnya tenaga ahli dan profesional dalam pendidikan kepemiminan. Untuk itu, siswa kelas akhir tersebut perlu dibekali dengan beberapa keahlian, salah satunya adalah kepemimpinan. Pelatihan kepimpinan dasar tersebut diharapkan menjadi bekal ketika mereka sudah terjun di dunia kampus. Tema pengabdian ini adalah pelatihan yang terdiri dari sosialisasi, pelatihan dan penilaian/evaluasi. Diharapkan pelatihan kepemimpinan dasar ini dapat menjadi strategi dalam mewujudkan generasi yang berjiwa pemimpin yang responsif dan inovatif ketika sudah berkecimpung di dunia organisasi, baik di dalam maupun di luar kampus



Keywords

Pelatihan Kepemimpinan; Kelas Akhir; Responsif; Inovatif; SMA Nurul Jadid



Full Text: PDF



References


Abdullah, M. (2019). School culture to serve performance of Madrasah in Indonesia. Qudus International Journal of Islamic Studies. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4572

Abdurrahman, A. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336

Basyaruddin, N. Y., & Rifma, R. (2020). EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3498

Diana, D., Salasiah, S., & Fatah, M. A. (2019). Efektifitas Metode Al-Bayan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Bagi Anak. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2). https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2966

Julianto, M. (2016). Peran dan fungsi manajemen keperawatan dalam manajemen Konflik. Fatmawati Hospital Journal.

Marini, A. (2016). Manajemen Pendidikan : Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan pengembangan pendidikan jarak jauh berbasis digital class platform edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Guru (TING) VII.

Tasrim, I. (2011). Kepemimpinan Visioner dalam Proses Perubahan di Sekolah Efektif (Studi Multikasus pada Tiga Sekolah Dasar di Kota Bunga).(Disertasi). In DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana.


Article View

Abstract views : 187 times | PDF files viewed : 150 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4729


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdurrahman Abdurrahman, Surianto Surianto, Moh Marsuki, Muhammad Arifin Ainul Fatah, Syamsul Arifin, Nurdi Ansyah, Masrur Lu’ai Sa’dullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.