PKM Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Microsoft Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Besuk Agung Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4803

Authors (s)


(1) * Ratri Enggar Pawening   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ayu Basirotul Muzayyanah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Raudhah Lailatul Mufidah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Nurul Wasilatul Laili   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa atau kelurahan merupakan lembaga pemerintah paling bawah sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Pemerintah telah menjadikan teknologi menjadi salah satu bekal kemampuan yang dapat dimanfaatkan oleh pendidikan dan masyarakat khususnya di desa. Program-program pendidikan dan latihan secara formal maupun non formal yang memberikan bekal ketrampilan dan kemampuan dalam menggunakan dan memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi menjadi prioritas kebutuhan. Desa yang menjadi mitra dalam program pengabdian masyarakat ini adalah Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo. Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk selama ini telah menunjukkan kemajuan di berbagai sektor bidang kehidupan masyarakat. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh tim, sebagian besar urusan administrasi sudah dilaksanakan secara terkomputerisasi. Namun demikian Jumlah aparatur desa yang menguasai teknologi komputer sangat sedikit dan terbatas pada tenaga muda, akibatnya jika mereka tidak hadir di kantor maka kegiatan administrasi akan terganggu. Pengetahuan komputer tenaga aparatur desa ini juga masih terbatas, khususnya pada pengolahan data menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan data yang umum saja. Metode yang dilakukan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah pelatihan. Pada kegiatan pelatihan, metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif melalui teknik pengumpulan data yang digunakan dalam bentuk ceramah, diskusi, pelatihan, dan dokumentasi. Pada saat pelaksanaan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Peserta pelatihan banyak menanyakan tentang pengaplikasian Microsoft Excel pada data-data desa, misalnya data penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), yang berkaitan dengan duplikasi data, pengelompokan, dll. Harapannya kegiatan ini bermanfaat bagi Desa Besuk Agung dan tim mahasiswa.


Keywords

Pelatihan; Microsoft Excel; Aparat Desa



Full Text: PDF



References


Adzim, F., & Prabawati Rum, E. (2017). Sistem Informasi Desa Di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Berkemajuan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 52–54.

Hasanah, B., & Sururi, A. (2018). 14092-42267-1-PB.pdf. Forum Ilmu Sosial 45, 2, 94–103.

Kencono, S. (2015). ANALISIS STRUKTUR KELEMBAGAAN PENYELENGGARA E- GOVERMENT PADA PEMERINTAH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2013 Dewi Sekar Kencono Abstracs. Politika, 6(1), 1–24.

Musthafa, A., & Utama, S. (2018). ADMINISTRASI DESA BERBASIS WEB DI DESA SEKARAN KECAMATAN SIMAN – PONOROGO teknologi meningkatkan kemampuannya di dalam mengelola data jauh dari Kampus Universitas Darussalam menjadikan dasar pengabdian masyarakat di Desa Sekaran dilakukan . Dalam di Desa. Jurnal Terapan Abdimas, 3, 1–8.

Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). E-DIMAS. 10(1), 105–110.

Paramitha, L. M., Tjahjanulin, D., & Suwondo. (1976). KINERJA APARAT PEMERINTAH DESA DALAM RANGKA OTONOMI DESA (Studi di Desa Gulun, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan) Linda Muchacha Paramitha, Tjahjanulin Domai, Suwondo. 1(4), 91–100.

Rizki, M., Belakang, L., & Negara, M. A. (2014). KECAMATAN TANA PASER. 2(4), 1890–1901.

Zutiasari, I., Saputri, S. E., Yuvita, L. F., Hotimah, H., Assegaff, M. F., & Malang, U. N. (2020). Sistem Aplikasi Tata Kelola Administrasi (SIPATAS) dalam Peningkatan Pelayanan Prima Administrasi Desa. 3(3), 140–146.


Article View

Abstract views : 118 times | PDF files viewed : 98 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4803


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ratri enggar pawening

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.