PKM Peningkatan Edukasi Ekonomi Kreatif melalui UMKM Kampong Snack dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Probolinggo

Alvan Fathony
DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4843



Abstract

Potensi lokal merupakan suatu aset nasional yang jika dimaanfaatkan secara maksimal dapat menambah pendapatan nasional untuk kesejahteraan rakyat. Namun, masyarakat Indonesia masih didominasi oleh kalangan yang secara praktis masih berada pada garis kemiskinan. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan angka kemiskinan meningkat hingga 28,95 juta atau mencapai 12.25 persen dari total penduduk di Indonesia. Salah satu penyebabnya, yaitu kurangnya sosialisasi dan penerapan pendidikan ekonomi kreatif di lingkungan masyarakat yang berada di wilayah pelosok, seperti Kabupaten Probolinggo di Provinsi Jawa Timur yang memiliki beragam potensi lokal diberbagai sektor UMKM. UMKM merupakan produk sumber penunjang ekonomi bagi masyarakat Desa Alastengah. Ironisnya, selama terbentuknya UMKM ini, hasil penjualan selalu mengalami penurunan, maka diperlukan sebuah inovasi kreatif dan inovatif bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, tim menggagas program Pengabdian Masyarakat dengan judul “Peningkatan Edukasi Ekonomi Kreatif Melalui UMKM Kampoeng Snack guna mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat”, sebuah program yang dapat membentuk masyarakat yang memiliki jiwa entrepreneurship dan kompetitif dengan pemberian edukasi terkait ekonomi kreatif. Sehingga tidak hanya terbatas pada strategi pemasaran lewat E-Commerce saja. Hal ini bertujuan untuk membentuk daya saing masyarakat Alastengah dalam memasarkan produk UMKM Kampoeng Snack ini



Keywords

Edukasi; Ekonomi; Kreatif

Full Text:

PDF

References

Agung, A. A. G. (2015). Pengembangan model wisata edukasi-ekonomi berbasis industri kreatif berwawasan kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 585–597. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6380

Dewi Mahrani Rangkuty, Mesra B, A. A. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Edukasi Konsep Ekonomi Kreatif Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Binjai Kota. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2), 57–62.

Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125–138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138

Pambudi, A. R., & Rahardjo, B. (2021). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 3(5), 925–932. Retrieved from http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Putri, S. R., Husin, M., Muzaki, N., & H, D. F. R. (2021). Edukasi Tentang Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa UTP Surakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta). Pengabdian Masyarakat Tunas Membangun, 1(2), 1–4.

Rahmawati, I., Lestari, H., & Fahrurrobi, N. (2022). Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Pendampingan dan Edukasi Usaha. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 356–361. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.2015

Rika Pristian Fitri A, Ali Mujahidin, Meiga Ratih T, Siti Ermawati, P. N. (2021). Peningkatan Ekonomi Kreatif Masyarakat Melalui Pembuatan Kerajinan Bunga Dari Bahan Dasar Sabun Mandi Di Desa Kedaton Kecamatan Kapas. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 9(2), 106–111.

Yarmaliza, Y., Nih Farisni, T., Fitriani, F., Zakiyuddin, Z., Reynaldi, F., Syahputri, V. N., & Rinaldy, R. (2022a). Edukasi Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir Menuju Ketahanan Pangan Keluarga Di Masa Pandemi Covid 19. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 397–402. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i3.142

Yarmaliza, Y., Nih Farisni, T., Fitriani, F., Zakiyuddin, Z., Reynaldi, F., Syahputri, V. N., & Rinaldy, R. (2022b). Edukasi Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir Menuju Ketahanan Pangan Keluarga Di Masa Pandemi Covid 19. Logista : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 397–402. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i3.142


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4843


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alvan Fathony

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.