PKM Pelatihan serta Pendampingan Perangkat Pembelajaran Berbasis Digital sebagai Alat Guru pada Era Digital di SDN Sukodadi 2 Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4848

Authors (s)


(1) * Fathorazi Nur Fajri   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Abd Rahman   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Afiqur Rahman   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Uky Oktavia Risti Permatasari   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Uswatun Hasanah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Dewi Sholehatin   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Indri Ratna Sugianti   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(8)  Musfiroh Musfiroh   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada era digital saat ini, di mana proses pembelajaran (interaksi) berlangsung mulai bergeser menjadi interaksi pembelajaran digital. Sehingga guru perlu menggunakan strategi pembelajaran salah satunya dengan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis digital. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk pendampingan dalam membuat video pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Power Point pada guru pengajar di SDN sukodadi 2. Sedangkan hasil dari kegiatan ini adalah 1) Guru mengerti cara membuat video pembelajaran. 2) Guru dapat menggunakan video pembelajaran tersebut dalam proses mengajar. 3) Peserta didik mendapatkan kemudahan dan pengalaman belajar yang menyenangkan



Keywords

Pendampingan; Video Pembelajaran; Era Digital



Full Text: PDF



References


Sudana, D. N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 pada Guru-Guru di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 22-27.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118-128.

Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., Nurfaizah, A. P., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 266-270.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318).

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118-128.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Fanaqi, C., Faiza, J. M., Fadhilah, M. I., & Fauziah, D. (2022). Workshop Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital bagi Guru SD di Kota Kulon Kabupaten Garut. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 151-158.

Nuris, D. M. R. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TIK Bagi Guru Akuntansi SMK. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 256-260.


Article View

Abstract views : 143 times | PDF files viewed : 129 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4848


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fathorazi Nur Fajri, Abd Rahman, Afiqur Rahman, Uky Oktavia Risti Permatasari, Uswatun Hasanah, Dewi Sholehatin, Indri Ratna Sugianti, Musfiroh Musfiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.