PKM Pelatihan dan Pendampingan Youtube Content Creation bagi Pemuda Majelis Al-Fadholi Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4853

Authors (s)


(1) * Ahmad Supriadi   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Moh. Syahroni   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Abdul Qodir Rifqianto   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemuda Majelis Al Fadholi adalah Lembaga Pendidikan islam yang yang berada di desa Sumberrejo, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. Pemuda Majelis Al Fadholi mengajarkan berbagai keterampilan dalam rangka Pendidikan bagi santri. Salah satu keterampilan yang diselenggarakan adalah desain grafis dan multi media namun terkendala pelatih yang belum tersedia, sehingga pelaksanaan selama ini terbatas pada upaya masing-masing santri dalam belajar. Program pelatihan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan dan keterampilan santri dalam bidang desain grafis dan multi media sehingga ke depan santri dapat memanfaatkannya untuk kebutuhannya dan diimplementasi ke dalam kegiatan dan kebutuhan pesantren. Kegiatan dimulai dengan pengenalan dan pengarahan mengenai definisi dan penggunaan desain grafis dan multi media dalam berbagai aspek, dilanjutkan dengan materi teknis kemudian praktik langsung menggunakan aplikasi pengolah youtube content creation. Di bagian akhir dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat kemampuan praktis santri dalam menggunakan peralatan dan mendesain sesuai ketentuan dari trainer, menggunakan variabel kesamaan bentuk, dimensi, dan tataletak.


Keywords

Youtube Content Creation; KineMaster; Santri; Video Editing



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 157 times | PDF files viewed : 83 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v3i3.4853


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Supriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.