PKM Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran (APE) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI Azzainiyah II Gerinting Paiton Probolinggo

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v4i1.5762

Authors (s)


(1) * Faizatul Widat   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Desy Rohmatika   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  Khoirun Nisa'   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Siti Romlah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Muslimatut Toyyyibah   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Qurratul Aini   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(7)  Sulistiawati Ningsih   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pendampingan ini untuk menumbuhkan kreatifitas guru dalam pembuatan APE, di era zaman yang sudah modernisasi melalui eletktronik digital, kurangnya pemahaman dalam dalam berkreativitas sehingga  guru masih merasa kesulitan dalam membuat media yang tepat atau sesuaian pada tema pelajaran, hal ini yang membuat media pembelajaran (APE) di MI Azzainiyah sangat minim.  Kegiatan pengabdian masyarakat  dalam bentuk (PKM) ini yakni pelatihan membuat APE merupakan bentuk dari upaya komunitas pelajar aktif kreatif. Metode pendampingan ini berbasis pendampingan bagi guru di MI Azzainiyah II gerinting. Upaya yang dilakukan dalam pendampingan sebagai berikut:  pertama, memberikan pemahaman guru terkait pentingnya membuat media APE, yang tentunya harus disesuaikan dengan tema, dengan adanya APE siswa akan lebih semangat dalam belajar dan memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Kedua meningkatkan kreatifitas dan inovasi para guru dalam membuat media APE yang bisa digunakan dari bahan bekas atau bahan yang bisa dibeli sehingga bisa disesuaikan dengan tema yang diajarkan, agar kegaiatan ini dapat menunjang ketersediaan APE untuk lebih banyak lagi, melalui kegiatan ini diharapkan hasil yang sesuai harapan.



Keywords

Pendampingan Pembuatan APE, Motivasi Belajar



Full Text: PDF



References


Ariyanti, & Muslimin, zidni immawan. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif ( APE ) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58–69.

Astini, B. nilawati, Nurhasanah, & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–6.

Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 667–677.

Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66–87.

Idzhar, A. (2016). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222–228.

Mahyuddin, N., & Sofya, R. S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 601–608.

Muasmara, R., Abror, M., Sinaga, syukri ernayati nurintan sahri, Rosa, nadya nela, & Mukarramah. (2021). Meningkatkan Pemahaman Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan APE pada Kondisi Covid-19 di RA Al Falah Tanjungpinang. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM KEPRI), 1(1), 65–73.

Papasi, J. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negri I Totikum Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 339–347.

Sahjat, S., & Samad, F. (2019). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Playdough Sebagai Sumber Belajar. EDUKASI- Jurnal Pendidikan, 17(1), 24–31.

Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(1), 59–67.

Widat, F., Nisa’, afita khoirun, Habibah, W., Mas’ula, Hosniah, N., Masnunah, J., & Hamidah. (2021). PKM Pendampingan Santri Nurul Jadid melalui Gerakan Literasi Cerdas dalam Membentuk Komunitas Pelajar Berkarakter Islam di Pondok Pesantren Nurul Jadid. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(2), 178–191.

Widayati, jeni roes, Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Alat Permainan Edukatif: Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654–664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yafie, E., Kustiawan, U., Astuti, W., Haqqi, Y. A., Boedi, D., & Ilhami, baiq shofa. (2020). Pengaruh Pelatihan Pembuatan Media Keterampilan Mengembangkan Alat Permainan Edukatif ( Ape ) Dari Bahan Bekas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(2), 124–135.


Article View

Abstract views : 111 times | PDF files viewed : 77 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v4i1.5762


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faizatul Widat, Desy Rohmatika, Khoirun Nisa', Siti Romlah, Muslimatut Toyyyibah, Qurratul Aini, Sulistiawati Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.