PkM Peningkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi melalui Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap

DOI: https://doi.org/10.33650/guyub.v4i1.5928

Authors (s)


(1) * M. Noer Fadli Hidayat   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Ahmad Fawaid   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi COVID-19 membuat banyak perubahan di dunia pendidikan, termasuk di antaranya adalah pembelajaran jarak jauh menjadi solusi altenatif. Meski menjadi solusi, pembelajaran jarak jauh pada kanyataannya tidak dapat memastikan bahwa siswa dapat belajar dengan efektif. Situasi ini membuat motivasi peserta didik menurun, guru mengeluhkan beban kerja administratif yang ribet, dan harus cepat beradaptasi menggunakan teknologi. Artikel ini merupakan luaran dari program  PkM Kampus Mengajar Kemdikbud tahun 2022 di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap yang akan menggambarkan tentang pelaksanaan kegiatan penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi bagi peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research, PkM ini berupaya untuk mengatasi ketertinggalan materi siswa SMP Negeri 3 Pakuniran yang disebabkan keterbatasan sarana belajar mengajar dan ketertinggalan teknologi saat pembelajaran jarak jauh berlangsung. Hasil PkM yang telah dicapai adalah meningkatnya kemampuan literasi dan numerasi siswa serta kemampuan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. PkM ini juga berhasil menciptakan tata kelola administrasi berbasis SOP dan database online yang baik di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap



Keywords

Penguatan Literasi, Numerasi, Teknologi; Kampus Mengajar; SMP Negeri 3 Satu Atap



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 334 times | PDF files viewed : 222 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/guyub.v4i1.5928


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M Fadli Hidayat, Ahmad Fawaid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is licensed under

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.