PkM Peningkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi melalui Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap
AbstractPandemi COVID-19 membuat banyak perubahan di dunia pendidikan, termasuk di antaranya adalah pembelajaran jarak jauh menjadi solusi altenatif. Meski menjadi solusi, pembelajaran jarak jauh pada kanyataannya tidak dapat memastikan bahwa siswa dapat belajar dengan efektif. Situasi ini membuat motivasi peserta didik menurun, guru mengeluhkan beban kerja administratif yang ribet, dan harus cepat beradaptasi menggunakan teknologi. Artikel ini merupakan luaran dari program PkM Kampus Mengajar Kemdikbud tahun 2022 di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap yang akan menggambarkan tentang pelaksanaan kegiatan penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi bagi peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research, PkM ini berupaya untuk mengatasi ketertinggalan materi siswa SMP Negeri 3 Pakuniran yang disebabkan keterbatasan sarana belajar mengajar dan ketertinggalan teknologi saat pembelajaran jarak jauh berlangsung. Hasil PkM yang telah dicapai adalah meningkatnya kemampuan literasi dan numerasi siswa serta kemampuan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. PkM ini juga berhasil menciptakan tata kelola administrasi berbasis SOP dan database online yang baik di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap |
Keywords
Full Text:
References
A. Abidah, H. N. dkk. (2020). “The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of ‘Merdeka Belajar”. Stud. Philos. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 38–49.
Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2019). Model Pembelajaran Collaborative Learning tipe Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika
Anwar. (2022). Pelaksanaan Kampus Megajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9 (1), 210-220.
Astriwi, C. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Cyberbullying Melalui Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Kajian Pendidikan dan Inovasi. 5 (1): 21-28.
Ayu Sholiha Ariyani Raharjo, dkk. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Volume 07, Nomor 02, Juni 2022 : 441– 452
Azahri, B. dan I. Fajri. (2022). Distance Learning During the COVID-19 Pandemic: School Closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education and Technology. 53 (7): 1934-1954.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djoko Apriono. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan, Jurnal Diklus, Edisi XVII, Nomor 01.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Elviera, C. D., Irawan, D., & Syafrina, D. N. (2019). Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 1–6.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 155–164.
Hendayana, Y. (2020). Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Huda, M. (2017). Perpustakaan dan Mutu Pendidikan: Peran Dan Tantangan Perpustakaan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 5(2), 341–364.
Hutasoit, H. R. (2012). Perpustakaan Digital Perpustakaan Masa Depan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 06 (02), 52–58.
Izzatunnisa, L. dkk. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan. 9 (2): 7-14.
Limao. (2016). Hubungan Optimisme dengan Produktivitas Kerja pada Karyawan Tata Usaha. In fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang (Vol. 1, Issue May).
Liu, Y., Xu, J., & Weitz, B. A. (2011). The role of emotional expression and mentoring in internship learning. Academy of Management Learning & Education,10(1), 94-110.
Lukita, D. dan N. Sudibjo. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10 (1): 145-161.
McCarthy, E. J. dan Perreault, W. D., (2006). Essentials of Marketing: A GlobalManagerial. Approach. New York: McGraw-Hill.
Minardi. (2017). Menepis Ratu Adil Sebagai Ramalan dan Menghadirkan Ratu Adil Sebagai Wacana Kepemimpinan. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 79–104
Mulyati, S. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495– 2504.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–10
Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Ndibo, Y. La. (2018). Analisis Penerapan Fungsi-Fungsi Administrasi Pendidikan Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 18(3), 321–336.
Ni Kadek Emi Ardiani, Anak Agung Gede Agung. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Volume 6, Number 1 : 26-35
Nurfaisal. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi COVID-19 Dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi. 5 (1): 1800-1808.
Qullah, F. I. (2021). Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara. 1 (2): 71-78.
Rachman, B. A. dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5 (6) : 1535-1541.
Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional VS Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 85–94.
Setyosari, Punaji. (2009). Pembelajaran Kolaborasi Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa saling Menghargai dan Tanggung Jawab. Pidato Pengukuhan Pendidik Besar dalam Bidang Ilmu TEP pada FIP UM disampaikan pada sidang terbuka Senat UM 14 Mei 2009.
Sholichin, M. dkk. (2021). Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID19 pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 7 (2): 163-168.
Soehartono, Irawan. (1995). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 58- 59. Mengutip dari Altherton, C.R. dan Klemmack, D.L. 1982. Research Methods in Social Work: An Introduction. Lexington, Massachusetts: D.C. Heath 7 Co. Serta Goode, W.J.dan Hatt, P.K. 1952. Methods in Social Research. New York: McGraw Hill.
Sofia Daniatia , Nurulisma Saputrib. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Collaborative Teamwork Learning (CTL) Berbasis Praktikum pada Mata Kuliah Rias Fantasi untuk Meningkatkan Softskill Mahasiswa. Teknobuga Vol. 10 No.2
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Togatorop, F., Banjarnahor, D. N., & Saragih, D. Y. (2022). Sosialisasi Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar: Socialization of the Effect of Technology in Education in the Era of Globalization in Private Elementary Schools (SD) HKI 3 Pematangsiantar. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA. Vol.1.No.2,.68.76
Undang-Undang Republik Indonesia No 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
10.33650/guyub.v4i1.5928 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 M Fadli Hidayat, Ahmad Fawaid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.