Afrizal, J., Rugaiyah, R., Efendi, A., & Salsabila, I. S. (2023). Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Digital bagi Guru di SMKS Budi Dharma Kota Dumai. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(2), 378–384. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jpu.v4i2.7206
Alimohammadlou, M., & Khoshsepehr, Z. (2023). The role of Society 5.0 in achieving sustainable development: a spherical fuzzy set approach. Environmental Science and Pollution Research. https://doi.org/10.1007/s11356-023-25543-2
Anggraeni, L., & Mukhlis, F. (2023). Penguatan Literasi Islam dan Sains Sebagai Peningkatan Wawasan Generasi Muda Islami Era Society 5.0 di Ikatan Pemuda Muhammadiyah Kota Batu. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 478–489. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.327
Attamimi, T. A., Prabowo, S. L., & Zuhriyah, I. A. (2023). HUBUNGANAN ANTARA PELAKSANAAN E-LEARNING, KREATIVITAS GURU PAI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 9 KOTA BLITAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(1), 496–500. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4483
Cahyono, G., Samsudi, S., Pramono, S. E., & Mahmud, A. (2022). Konsep Kolaboratif Perguruan Tinggi Pada Era Digital dalam Penyiapan Guru PAI di FTIK UIN Salatiga. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) UNNES. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1507/991
Carayannis, E. G., & Morawska-Jancelewicz, J. (2022). The Futures of Europe: Society 5.0 and Industry 5.0 as Driving Forces of Future Universities. Journal of the Knowledge Economy, 13(4), 3445–3471. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00854-2
Chotimah, C. (2019). Pengembangan Sekolah Berbasis Go Greendan Waste Managementuntuk Mewujudkan Green Schooldi SDI Miftahul Huda Plosokandang KabupatenTulungagung. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 143–160. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/engagement.v3i2.78
Fatkhullah, M., Mulyani, I., Dewi, A. S., Habib, M. A. F., & Reihan, A. (2022). Communication Strategy to Address Climate Change through Community Engagement. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 21(01).
Gafforov, K., Ungalov, A., Samiev, L., Baxronova, S., Olimjonov, N., & Bektashov, B. (2023). Long-term forecast of flow dynamics of Chirchik basin. E3S Web of Conferences, 371. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202337101037
Idris, M. (2022). Pendidikan Islam dan Era Society 5.0 ; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159
Jannah, P. A., Kiswaluyo, K., & Hadnyanawati, H. (2022). Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Santri MTs Kelas IX di Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Al-Izza Situbondo. Pustaka Kesehatan, 10(1). https://doi.org/10.19184/pk.v10i1.25451
Laksono, G. E. (2022). Pendidikan Agama Islam berbasis Ecotheology untuk Mewujudkan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Kependidikan, 10(2), 247–258. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8043
Nirwana, Khaerah, N., & Susilawati, S. (2021). Pemberdayaaan Nasyiatul Aisyiyah Berbasis Literasi Sampah Rumah Tangga Sebagai Komitmen Mewujudkan Pembangunan Ekologi Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jpmnas/article/view/418
Nur Hayati, D., & Handayani, D. (2021). Menciptakan Kesadaran Santri Terhadap Lingkungan Melalui Gerakan Go Green Pondok Pesantren Assa’idiyah. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.529
Pihar, A. (2022). Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society, 1–12. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/1
Rodés Paragarino, V., & Gewerc, A. (2023). Educational Innovation, Open Educational Resources, and Gender in Latin American Universities. Education Sciences, 13(1). https://doi.org/10.3390/educsci13010019
Rosmaladewi, O., Yulyul Yuliana Hastuti, R., & Rahayu, P. (2023). Penguasaan Technological Content Knowledge (TPACK Mahasiswa Calon Pengajar Dalam Menunjang Pembelajaran Digital). KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1). https://doi.org/10.24036/kolokium.v11i1.595
Saenah, E. (2022). Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/145
Setiawan, A., Asriyanto, M., & Astriyani, R. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 713. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1940
Tilman, D. (2022). Extinction, climate change and the ecology of Homo sapiens. In Journal of Ecology (Vol. 110, Issue 4, pp. 744–750). John Wiley and Sons Inc. https://doi.org/10.1111/1365-2745.13847
Tim Penyusunan CBR UIN Sunan Ampel Surabaya. (2015). Community Based Research: Sebuah Pengantar. SILE/LLD Project.
Tsaqib, H. N., Rizki, M. N., Ghodi, R., Maulana, M. R., Waluyo, S. A., & Fadila N, S. Z. (2020). Studi Komparatif Tingkat Pengetahuan Perubahan Iklim pada Mahasiswa Rumpun Sosial-Humaniora dan Rumpun Sains-Teknologi di Universitas Indonesia. Jurnal KSM Eka Prasetya UI, 2(2). https://ksm.ui.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Studi-Komparatif-Tingkat-Pengetahuan-Perubahan-Iklim-pada-Mahasiswa-Rumpun-Sosial-Humaniora-dan-Rumpun-Sains-Teknologi-di-Universitas-Indonesia.pdf
Yadav, N., & Upadhyay, R. K. (2023). Global Effect of Climate Change on Seasonal Cycles, Vector Population and Rising Challenges of Communicable Diseases: A Review. Journal of Atmospheric Science Research, 6(1). https://doi.org/10.30564/jasr.v6i1.5165
Давиденко, П. В., & Давиденко, Л. М. (2022). Electronic educational resources of the entrepreneurial university: Kazakhstan practice. Grand Altai Research & Education / Наука и Образование Большого Алтая, 1(17), 34–42. https://doi.org/10.25712/astu.2410-485x.2022.01.005