PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI MENGGOSOK GIGI DI SDN MAYANGAN 1 KOTA PROBOLINGGO



Authors (s)


(1) * Ronita Dewi Cahyani   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Sulityana Sulityana   (Universsitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Menggosok gigi merupakan kegiatan penting untuk mencegah penyakit gigi dan mulut, namun perilaku anak terhadapnya masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan perilaku menyikat gigi anak adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media animasi terhadap pengetahuan, sikap, dan motivasi menyikat gigi pada anak usia sekolah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan . Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yang terdiri dari 40 responden berdasarkan kriteria inklusi yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Variabel bebasnya adalah pendidikan kesehatan dengan metode media animasi dan variabel terikatnya adalah pengetahuan, dan motivasi dalam menyikat gigi. Analisis data menggunakan Paired T-Test dengan signifikansi = 0,05. Hasil dan Analisis: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan Motivasi (p=0,000), setelah dilakukan intervensi. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan menyikat gigi dengan media animasi berpengaruh terhadap perubahan motivasi menyikat gigi pada anak usia sekolah. 




Keywords

Pendidikan kesehatan, Media Animasi, Sikat Gigi



Full Text: PDF



References


Amri, Khaerun. (2015). ‘Perbedaan Kemampuan Menggosok Gigi Sebelum dan Sesudah dilakukan Pendidikan Kesehatan dalam upaya Mencegah Karies Gigi pada Anak Sekolah di SDN 03 Pagi Lubang Buaya Jakarta Timur’. Jurnal Kesehatan Akademi Keperawatan RSP TNI AU. Vol 01(01). ISSN 2460-7290. Agustus, p. 105.

Arianto, Zahroh Shaluhiyah, Priyadi Nugraha. (2014). ‘Perilaku Menggosok Gigi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V dan VI di Kecamatan Sumberejo’. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia. Vol 9/ No.2. Agustus, p.1-9.

Pranoto, M. A., Christiono, S., & Indraswary, R. (2015). Hubungan Motivasi Ibu Tentang Kesehatan Gigi Terhadap Early Childhood Caries Pada Gigi Anak Umur 3-5 Tahun Studi Terhadap Anak Prasekolah Di Tk Sinar Matahari. Medali Jurnal: Media Dental Intelektual, 2(1), 69-73.

Kementerian, Kesehatan RI (2014) ‘Situasi kesehatan gigi dan mulut’, Jakarta: Info1datin, pp. 1

Bagramian R., Godoy F., Volpe A. The Global Increase in Dental Caries, A Pending Public Health Crisis, AMJ Dent, 2009; 22 (1): 3-8.

Maulana H. Promosi kesehatan, Jakarta: EGC. 2009.

Kapti RE., Rustina Y., Widyatuti. Efektifitas Audiovisual sebagai Media Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Tatalaksana balita dengan Diare di Dua Rumah Sakit Kota Malang, Jurnal Ilmu Keperawatan, 2013; 1(1): 53-60.

Auliaty Y. Meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPAmelalui media audio visual di kelas V SDN Jakasampurna I Bekasi Barat, Jurnal Ilmiah PGSD. 2011; 3(2)


Article View

Abstract views : 145 times | PDF files viewed : 99 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ronita Dewi Cahyani, Sulityana Sulityana

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com