PENDATAAN DAN PENDAMPINGAN RAKYAT MISKIN DALAM PENGAMBILAN BANTUAN DARI PEMERINTAH DI KABUPATEN PROBOLINGGO



Authors (s)


(1) * Nauval Agung Fachruzaman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Sholehatul Amaliyah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Sinta Dewi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 merupakan masakah yang sedang terjadi di seluruh dunia saat ini. Berbagai dampak terjadi akibat adanya pandemi ini, salah satu yang paling terlihat adalah adanya penurunan tingkat ekonomi yang melanda berbagai Negara termasuk Negara Indonesia, akibatnya banyak masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pemerintah mencanangkan berbagai program Bantuan Sosial guna membantu masyarakat agar tetap dapat memenuhi kebutuhanya selama masa pandemic, salah satunya adalah program Bantuan Sosial Tunai yang diberikan oleh Kementrian Sosial. Metodelogi penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberian Bantuan Sosial di Desa Jabung Sisir Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo RT/RW 008/001 sudah efektif atau sesuai dengan indikator efektivitas yang digunakan, yakni tercapainya tujuan (waktu dan sasaran), terlaksananya proses integrasi, serta adanya adaptasi di masyarakat setelah adanya keikutsertaan para peneliti dengan terjun langsung kelapangan. Namun, walaupun tidak dapat memenuhi kebutuhan selama satu bulan penuh pemberian bantuan sosial tunai ini juga tidak membuat masyarakat menjadi pasif atau hanya mengandalkan uang bantuan saja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.




Full Text: PDF



References


Arifin, D. (2020). Presiden Tetapkan COVID-19 Sebagai Bencana Nasional - BNPB. Retrieved June 24, 2020, from BNPB. Dikutip dari https://bnpb.go.id/berita/presidentetapkan-covid19-sebagai-bencana-nasional.

EncyclopaediaBritannica.http://www.britannica.com/print/topic/639266 (diakses 11 September 2021). (n.d.

Hirawan, F. (2020). Optimizing the Distribution of the Social Assistance Program during the COVID-19 Pandemic.

https://www.csis.or.id/publications/optimizing-the-distribution-of-thesocialassistance-program-duringthe-covid-19-pandemic (diakses 11 September 2021). (n.d.).

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3159/penerapan-ppkm-untuk-mengendalikan-laju-covid-19-dan-menjaga-kehidupan-masyaraka (diakses 12 September 2021). (n.d.).

Kemensos. (2011). Pedoman Umum Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Tahun 2011. Jakarta: Pemerintah Indonesia.

Mufidah, A. (2020). Polemik Pemberian Bantuan Sosial Di Tengah Pandemic Covid 19. ADALAH Buletin Hukum & Keadilan.

Teja, M. (2020). Permasalahan Keakuratan Data Penerima Bantuan Sosial Covid-19. Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. 13-18.


Article View

Abstract views : 48 times | PDF files viewed : 22 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nauval Agung Fachruzaman, Sholehatul Amaliyah, Sinta Dewi

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com