ANALISIS KEBUTUHAN BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH



Authors (s)


(1) * Nafisatul Hasanah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Nur Diana   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Siti Fadila Ulfa   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Hayyin Maulina   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Nabila Nabila   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan materi bahasa Inggris pada mahasiswa Ekonomi Syariah yang mencakup tema materi, bacaan, dan kemampuan yang paling dibutuhkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Responden berjumlah 42 orang, 40 mahasiswa dan 2 pemangku kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan tema yang paling dibutuhkan berdasarkan persepsi mahasiswa adalah relevansi Ekonomi Syariah, sedangkan berdasarkan menurut pemangku kebijakan adalah metodologi Ekonomi Syariah; kebutuhan teks wacana tertinggi yang dibutuhkan dari pandangan mahasiswa adalah Islam sebagai panduan hidup, sedangkan berdasarkan persepsi stakeholders adalah fakta dan teori Ekonomi Syariah; keterampilan bahasa Inggris tertinggi yang dibutuhkan dalam pandangan mahasiswa dan pemangku kepentingan adalah keterampilan berbicara. Sebagai saran sebaiknya perlu perencanaan lebih untuk menekankan keterampilan bahasa Inggris tersebut kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dan keterampilan yang paling mereka butuhkan.


Keywords

Analisis Kebutuhan, Materi Bahasa Inggris, Ekonomi Syariah



Full Text: PDF



References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Basturkmen, H. (2010). Developing courses in English for specific purposes. Palgrave Macmillan.

Erfiani, N. M. D., Sukarsih, N. N. T., Wardhana, I. G. N. P., & Lindawati, N. P. (2021). Needs analysis on English language use by homestay owners in Ubud Gianyar. Linguistics and Culture Review, 5(1), 422–437. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5n1.1894

Hadfield, J., & Hadfield, C. (2008). Introduction to teaching English (1. publ). Oxford Univ. Press.

Lou, Y., Li, H., & Zhao, Z. (2020). A Study on Needs Analysis of Chinese Vocational Non-English-Majored Undergraduates in English for Specific Purposes. OALib, 07(05), 1–15. https://doi.org/10.4236/oalib.1105694

Ninsiana, W., & Nawa, A. T. (2019). Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Mahasiswa Ekonomi Syariah. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 3(1), 17. https://doi.org/10.32332/tapis.v3i1.1514

Richards, J. C., & Renandya, W. A. (Eds.). (2013). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice (1st publ., 17. print). Cambridge Univ. Press.

Salmani-Nodoushan, M. A. (2020). English for specific purposes: Traditions, trends, directions. Studies in English Language and Education, 7(1), 247–268. https://doi.org/10.24815/siele.v7i1.16342

Solehan, S., Harahap, A., & Diani, I. (2021). Needs Analysis of English Materials for Islamic Economics Students. SALTeL Journal (Southeast Asia Language Teaching and Learning), 4(2), 1–6. https://doi.org/10.35307/saltel.v4i2.75

Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Pustaka Baru.


Article View

Abstract views : 129 times | PDF files viewed : 221 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nafisatul Hasanah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com