OPTIMASI GOOGLE BISNISKU UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UKM TAHU DI DESA BRANI KULON

Nanda Kurnia Agusmawati, Muflihatus Sa’aadah, Novi Dewi Ismi Rahmawati




Abstract

UKM merupakan salah satu kekuatan perekonomian nasional. Salah satu permasalahan yang membuat daya saing UKM masih rendah adalah terbatasnya kemampuan para pelaku UKM dalam melakukan pemasaran. Hal ini juga terjadi pada pemilik UKM tahu di Desa Brani Kulon. Berdasarkan permasalahan ini kemudian tim KKN OBE Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan kegiatan sosialisasi dan memberikan pendampingan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu masalah yang dihadapi oleh UKM tahu. Solusi yang kami tawarkan dalam kegiatan ini adalah penerapan digital marketing menggunakan aplikasi Google Bisnisku. Aplikasi ini dapat membantu pelaku UKM agar usahanya dapat ditemukan oleh calon pelanggan di google pencarian dan maps, sehingga memudahkan dalam pengembangan digital marketing ke platform penjualan online lainnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan dan pelatihan yang tahapan pengabdiannya terdiri dari pembentukan tim kegiatan, melakukan analisis, implementasi kegiatan, serta sosialisasi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah aplikasi Google Bisnisku sebagai tools untuk pemasaran dan penjualan secara online, serta memberikan pelatihan kepada pemilik UKM agar memiliki kemampuan mengoperasikan aplikasi Google Bisnisku. Setelah pemilik UKM Tahu dapat menggunakan aplikasi Google Bisnisku, maka diharapkan dapat meningkatkan penjualan UKM Tahu dan mengembangkan penjualan ke platform-platform online lain yang menjadi tren saat ini


Keywords

Google Bisnisku; Optimasi; UKM Tahu

Full Text:

PDF

References

Dwiarta, I. M. B. (2017). Google Bisnis, Sim Dan Sia Guna Menetukan HPP Sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatkan Masyarakat. Jurnal Penamas Adi Buana, 1(1), 27-38.

Harto, B., & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi platform online internet marketing untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.

Manu, G., & Fallo, D. (2019). IMPLEMENTASI GOOGLE MY BUSINESS (GMB) DALAM PROMOSI PARIWISATA DI KOTA KUPANG DAN SEKITARNYA. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(2), 8-15. DOI : https://doi.org/10.37792/jukanti.v2i2.69

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Natasuwarna, A. P. (2020). Workshop Web Analytic dan Google Bisnisku Sebagai Perangkat Digital Marketing. JUDIMAS (Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat), 1 (1), 50-61.

Nichifor, E., & Tierean, O. M. (2019). Small and Medium Enterprises Go Digital. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Series V: Economic Sciences, 61-66. DOI: https://doi.org/10.31926/but.es.2019.12.61.2.8

Permana, S. H., Rivani, E., & Budiyanti, E. (2021). Utilization of the Internet as Media for Marketing SMEs Products. In 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020) (pp. 393-398). Atlantis Press. DOI : https://doi.org/10.2991/aer.k.210121.056

Sulastri, K. (2019). Pelatihan Wirausaha dan Digital Marketing Bagi Perempuan Korban Kekerasan di Kota Singkawang. In SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian pada Masyarakat . Desember, 125-132.

Yuliani, N., & Novita, D. (2022). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal (Studi Kasus: UMKM Gresik, Jawa Timur). IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 138-145.




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nanda Kurnia Agusmawati, Muflihatus Sa’aadah, Novi Dewi Ismi Rahmawati

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com