PEMBERDAYAAN EKONOMI MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK DAN KARYAWAN SALE PISANG BERLIN DI DESA PATEMON KECAMATAN KREJENGAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Veri Indra Wijaya, Kusnadi Kusnadi, Moh Ainul Yaqin, Ahmad Muzamil, Fathorrosi Fathorrosi, Noer Rohmat Fadilah, Achmad Fauzi




Abstract

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, termasuk di kota Probolinggo. Pisang Mengandung berbagai manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh dan sangat kaya akan vitamin. Sehingga sangat banyak  penjual pisang di kota Probolinggo, namun jika pisang dijual secara langsung akan mempunyai nilai jual yang rendah, padahal pisang dapat diolah menjadi suatu produk yang  mempunyai nilai jual tinggi. Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Patemon Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo, adapun sasaran dalam program ini adalah Ibu rumah tangga yang mempunyai usaha rumahan berupa olahan sale pisang. Dalam analisa usaha ini akan membahas mengenai kue tradisional yaitu sale pisang. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya manajemen usaha yang baik dan pembuatan kemasan serta label yang menarik, hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dari produk sale pisang dan diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan.


Keywords

Manajemen Usaha; Nilai Jual; Sale Pisang

Full Text:

PDF

References

Almaidah, S. (2021). Penyuluhan Manajemen Usaha Kecil Pada Kelompok Masyarakat Desa Mlopoharjo Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Janaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 1-9.

Augustinah, Ferdianty, dkk. 2017. Manajemen Usaha dan Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Kue Basah Pada Usaha Kelompok Dasawisma KRI Nanggala Medokan Semampir Surabaya. Unitomo Surabaya

Badan Pusat Statistik, (2018). Jawa Tengah Dalam Angka, http://jateng.bps.go.id diakses tanggal 27 Agustus 2018.

Hutomo, m. (2000). Pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi, tinjauan teoritik dan implementasi (1 lembar). Diakses dari www.bappenas.go.id diakses tanggal 11 April 2013

Mulyadi Nitisusastro. 2015. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Penerbit Alfabeta

Nayla, Akifa, P. 2014. Komplet Akuntansi Untuk UKM dan Waralaba. Jakarta: Laksana

Nugroho, T. S. P. (2021). Peningkatan keterampilan berbisnis dengan menggunakan media instagram. Janaka: jurnal pengabdian masyarakat kewirausahaan indonesia, 2(1), 29-34.

Suryati, (1992). Budidaya, pengolahan dan pemasaran pisang. Penebar swadaya. Jakarta

Suryanti dan Supriyadi, 2008.Pisang budidaya, pengolahan dan prospek pasar. Penebar swadaya, Jakarta.

Tim Penyusun. (2016), Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat (Edisi 2 tahun 2016), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Tulungagung, Agustus 2016.

Viga Dwitama Putri, 2019. Kelayalan finansial dan kontribusi pendapatan usaha sale pisang gulung terhadap pendapatan rumah tangga perajin di Desa Mertasari. “Skripsi” Fakultas Pertani




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Veri Indra Wijaya, Kusnadi Kusnadi, Moh Ainul Yaqin, Ahmad Muzamil, Fathorrosi Fathorrosi, Noer Rohmat Fadilah, Achmad Fauzi

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com