PEMBANGUNAN PERILAKU SADAR HALAL GENERASI MUDA MELALUI EDUKASI DAN SOSIALISASI HALAL TINGKAT SMP LUBBUL LABIB KEDUNGSARI MARON PROBOLINGGO

Abrori Abrori, Fathur Rofani, Samsul Abidin, Moh Fauzan Adziman, Bahruddin Bahruddin, Hasim Muzadi, Moh Lutfi




Abstract

Kehalalan suatu produk menjadi kebutuhan wajib bagi setiap konsumen, terutam konsumen muslim. Dalam sistem perdagangan internasional masalah sertifikasi dan penandaan kehalalan produk mendapat perhatian baik dalam rangka memberikan perlindungan terhadap konsumen umat islam diseluruh dunia sekaligus sebagai strategi menghadapi tantangan globalisasi. Di indonesia, sudah dibentuk peraturan perundang-undangan jauh sebelum lahirnya Undang Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal ( UUJPH). Edukasi halal yang tertuang sebagai pembangunan Perilaku Sadar Halal (PSH) merupakan landasan awal yang harus diberikan oleh setiap umat muslim sejak dini. Pada tingkat remaja, edukasi halal yang ada di Indonesia belum dimasukkan sebagai salah satu kurikulum wajib . Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan generasi muda sejak dini untuk melakukan edu kasi pembangunan kesadaran halal dalam meningkatkan mutu hidup serta meningkatkan taraf  kesehatan generasi muda. Metode pengabdian dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Solusi yang diberikan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini meliputi 1) Membuat bahan materi yang mudah dipahami, 2) mengevaluasi siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang sudah disampaikan, 3) Membuat quiz berhadiah. Secara keseluruhan kegiatan yang akan dilaksanakan diharapkan dapat  tercapai 100%. Prosentase dari kegiatan persiapan pengabdian 30%, persiapan santri untuk menyimak materi 30%, kesiapan narasumber dalam menyampaikan materi 40%.




Keywords

edukasi halal, kesadaran halal, generasi muda.

Full Text:

PDF

References

Adinugraha, H. H., Isthika, W., & Sartika, M. (2017). Persepi Label Halal bagi

Remaja sebagai Indikator dalam Keputusan Pembelian Produk: As a

Qualitative Research. Perisai, 1(3), 180-195.

Huda, Nurul. “Pemahaman Produsen Makanan Tentang Sertifikasi Halal.” Ishraqi 10, no. 1 (2012): 1–13.

Pratiwi, S. R., Dida, S., Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam

Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian

Komunikasi, 6(1), 78-90.

Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal dalam Meningkatkan

Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sospol, 4(2),

-72.

Utami, N. N., Genoveva, G. (2020). The Influence of Brand Image, Halal Label,

and Halal Awareness on Costumers Purchasing Decision of Halal Cosmetic. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 355-365.

Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan

Makanan terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada

Mahasiswa Muslim di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abrori Abrori, Fathur Rofani, Samsul Abidin, Moh Fauzan Adziman, Bahruddin Bahruddin, Hasim Muzadi, Moh Lutfi

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com