POTENSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BRAMBANG CHIPS DI DESA PONDOK KELOR KACAMATAN PAITON



Authors (s)


(1) * Nur Hayati   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Nadifatul Mukarromah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Indah Zahrotul Awliya   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Siti Nur Halisah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Agustina Dewi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Mila Diana   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil pertanian bawang merah yang ada di Desa PondokKelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo merupakan sebuah pemanfaatan yang memiliki peluang untuk petani ke depannya, banyak para petani yang ada di desa tersebut menanam bawang merah sebagai tanaman unggulan yang memberikan harapan tinggi dari usaha pertanian mereka. Berdasarkan adanya aset dan pemanfaatan tersebut, perlu adanya suatu inovasi dari pengolahan hasil pertanian bawang merah untuk menambah pendapatan hasil panen bawang merah tersebut.  Bentuk pengabdian yang akan dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat dalam membuat olahan bawang merah menjadi produk makanan yang siap saji yaitu Keripik Brambang. Keripik brambang adalah produk olahan yang dibuat yakni sebuah produk keripik yang berbahan dasar dari bawang merah. Dengan adanya pengembangan produk olahan ini, petani bawang merah dapat mengetahui pemanfaatan dan mengelola aset yang dimiliki dengan optimal sehingga mampu menunjang tercapainya kesejahteraan ekonomi masyarakat di lingkungan tersebut.penggunaan media sosial adalah memudahkan semua orang untuk berkomunikasi, berpartisipasi, saling berbagi, dan membentuk suatu jaringan online, sehingga dapat menyebarluaskan konten mereka sendiri.




Keywords

Pemanfaatan Promosi, Bawang Merah, Media Sosial.



Full Text: PDF



References


Arfan arawaty. n.d. “PKM Pemberdayaan Petani Bawang Merah Lokal Palu Melalui Penerapan Model SLPHT Di Desa Wombo Kecamatan Tantatovae Kab. Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.”

diana magfiroh, jasmin sari. 2018. “Penjualan, Pngaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil.”

Kurniawati, Dewi. 2013. “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dan Minat Beli Mahasiswa.”

Lidya, Veta, Delimah Pasaribu, Meko Yogi, and Suryo Prayoga. 2019. “PENGARUH KUALITAS PRODUK BAJU BATIK HEM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOME INDUSTRI BATIK SAHARA INDAH.”

Rachmawati, Rina. 2011. “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan.” Jurnal Kompetensi Teknik 2(2):143–50.

Rukmana, Evi Nursanti, and Neneng Komariah. 2017. “Strategi Pemasaran Informasi Toko Buku (Studi Kasus Di Toko Buku Jatinangor, Sumedang).” Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 13(2):131. doi: 10.22146/bip.28764.

Sulistiyanto, M. .. 2017. “USULAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT ( PKM ).”

Widodo, Wahyono Sapto, Hesti Istiqlaliyah, Teknik Mesin, Fakultas Teknik, and Pgri Kediri. 2020. “Perencanaan Mesin Pengiris Bawang Merah Dengan Pengiris Vertikal ( Shallot Slicer ) Dengan Kapasitas 1kg / Menit.”

cesya, rizkika.parahyanti, Yana, respai dewi. “Penguatan Strategi Pemasaran Dengan Kemasan Kekinian Pada Proposal Rencana Bisnis Kripik Bawang Umkm Kabupaten Mojekerto,” 2020.

Fauziyah, Tri Handayani, Riswan Eko Wahyu S, and Aulia Dewi Rosanti. “Pengolahan Produk Unggulan Daerah Bawang Merah Lokal Di Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.” Jurnal ABDI 5, no. 2 (2020): 111–18.

Riastuti, Reny Dwi, Nopa Nopiyanti, Yulfi, and Yuli Febrianti. “Pelatihan Pemanfaatan Kulit Bawang Merah Sebagai Keripik Untuk Menambah Nilai Ekonomi Masyarakat Keluruhan Air Kuti Kecamatan Lubuk Linggau I.” JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 1, no. 2 (2021): 64–70.

Sinta, Ayu.Astutik.lisa darmawati. “PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Judul :Pembinaan Petani Untuk Peningkatan Efisian Dan Berkelanjutan Usaha Tani Bawang Merah Di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur Dengan Teknologi Praktis,” 2020.


Article View

Abstract views : 84 times | PDF files viewed : 40 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Hayati, Nadifatul Mukarromah, Indah Zahrotul Awliya, Siti Nur Halisah, Agustina Dewi, Mila Diana

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com