PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI (BACA TULIS) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BAGI SISWA MI TARBIYATUL ISLAM



Authors (s)


(1) * Selvi Ika Damayanti   (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(2)  Rizki Sandi Kurniawan   (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(3)  M Alfin Fauzi   (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(4)  Sulis Fatmawati   (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(5)  Sulis Fatmawati   (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(6)  Ratna Sari   (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan 4.0 tidak hanya berfokus pada pemanfaatan teknologi, akan tetapi minat baca siswa juga perlu ditingkatkan untuk menyongsong Pendidikan 4.0. Derasnya arus informasi dan teknologi di era pendidikan 4.0 ini berdampak pada semakin terbatasnya waktu yang dimiliki para siswa untuk membaca. Padahal, kemampuan literasi siswa dalam membaca dan memulis tentunya dapat sangat diperlukan bagi siswa untuk tetap dapat mengikuti segala perkembangan terutama yang terkait dengan dunia pendidikan mereka. Membaca merupakan salah satu hal yang penting dalam segala macam proses pembelajaran. Melalui membacalah berbagai ilmu pengetahuan, yang dapat mengantarkan pada kesuksesan, bisa kita dapatkan. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar di MI Tarbiyatul Islam Kandang Jati Kulon. Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru-guru pada sekolah tersebut masih pasif dalam melaksanakan gerakan literasi membaca dan menulis. Guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) tersebut belum secara aktif memberi perhatian pada upaya peningkatan literasi membaca para siswa. Melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan bagi siswa-siswi, dan berusaha untuk menumbuhkan kecintaan dalam membaca dan menulis siswa melalui penerapan gerakan literasi membaca dan menulis. Terbukti antusiasme siswa begitu tinggi dalam mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir, maka dari  itu hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan sebagai upaya penerapan gerakan literasi membaca, para siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi untuk lebih meningkatkan minat dalam membaca.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi baca tulis yang  diimplementasikan guru kelas III A pada pembelajaran tatap muka terbatas sudah terlaksana dimulai dari beberapa rangkaian yaitu: (1) Persiapan, guru menjadwalkan waktu pelaksanaan literasi baca tulis, mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung kegiatan literasi baca tulis, memastikan kesiapan peserta didik dan guru, dan melakukan koordinasi dengan orangtua; (2) Pelaksanaan, literasi baca tulis yang diterapkan di sekolah tersebut terlaksana pada tahap pembelajaran. Adapun kegiatan literasi baca tulis dilaksanakan berdasarkan tiga tahapan, yaitu: a. tahap pembiasaan, membaca buku pengayaan fiksi dan non fiksi, b. tahap pengembangan, membuat rangkuman ide pokok bacaan, menceritakan isi buku yang telah dibaca, dan menulis karangan sederhana mengenai aktivitas yang dilakukan peserta didik; dan c. tahap pembelajaran, menanggapi buku pelajaran kemudian mengaitkannya dalam pengalaman pribadi peserta didik; (3) Evaluasi, yang dilakukan guru yaitu evaluasi daya dukung yang meliputi bahan bacaan yang akan digunakan selama literasi baca tulis berlangsung, evaluasi kesiapan guru dan peserta didik, evaluasi pelaksanaan literasi baca tulis yang dilihat dari respon peserta didik selama proses pelaksanaan.literasi baca tulis dan hambatan yang ditemukan dan evaluasi hasil implementasi literasi baca tulis.  Dari hasil penelitian ini, diharapkan implementasi literasi baca tulis perlu adanya kebijakan yang tepat untuk mengupayakan optimalisasi literasi baca tulis, serta adanya peningkatan dan perbaikan dalam mengimplementasikan literasi baca tulis pada pembelajaran tatap muka terbatas. Sehingga, mampu melahirkan warga sekolah yang literat




Keywords

Pelatihan, Pendampingan, pendidikan bagi Siswa, Literasi



Full Text: PDF



References


Dadang Sunandar. (n.d.). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Nasional Literasi Bangsa.

Gln.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved April 28, 2022, from

https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/09/Pedoman-GLNB2016-2019.pdf

Faizah, D. U. (2016). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2).

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Rahmania, S., Miarsyah, M., & Sartono, N. (2018). The Difference Scientific Literacy ability of Student having Field Independent and Field Dependent Cognitive style.

BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 8(2). https://doi.org/10.21009/biosferjpb.8-2.5

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January).

Risnita, & Sohiron. (2019). Tantangan Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Islam dan Bahasa Melayu di Era Revolusi 4.0. Studi Visit Program Pascasarjana UIN STS Jambi Tahun 2019.

Rosalina, V., Fernando, D., Saefudin, & Hikmatullah. (2020). Gerakan 5000 Donasi Buku dalam Upaya Membangun Budaya Literasi : Tahap 2. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2). https://doi.org/10.30656/ps2pm.v2i2.2445

Samarapungavan, A., Patrick, H., & Mantzicopoulos, P. (2011). What kindergarten students learn in Inquiry-Based science classrooms. Cognition and Instruction, 29(4). https://doi.org/10.1080/07370008.2011.608027

Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer, 11(1). https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.2

Zakiyyah, O. (2019). Korelasi Antara Metode Quantum Reading dengan Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa. TARBAWI, 8(1). https://doi.org/10.36781/tarbawi.v8i1.3049


Article View

Abstract views : 98 times | PDF files viewed : 49 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Selvi Ika Damayanti, Rizki Sandi Kurniawan, M Alfin Fauzi, Sulis Fatmawati, Sulis Fatmawati, Ratna Sari

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com