PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE FITRAH DI TPQ BAITISSALAM



Authors (s)


(1) * Afifatud Dini   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Lailatul Firdaus Hasanah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Anna Kholifah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Mamluatun Naimah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Jamilatus Zuhriah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode fitrah adalah sebuah metode baru yang dikembangkan dari rahasia seorang ibu dalam mengajarkan bahasa kepada anaknya. Realitanya tidak pernah ada seorang ibu yang gagal dalam mengajarkan bahasanya (bahasa ibu) kepada anak-anaknya. Metode ini mendorong murid berani berbicara bahasa Arab dengan sangat percaya diri, karena menitikberatkan pendekatan tanya jawab dan menggunakan metode mubasyiroh atau sam’iyyahsyafawiyyah. Belajaraktif dapat merangsang stimulus dan respon murid serta bersifat menyenangkan. Interaksi dalam belajar aktif akan menimbulkan positive interdepedence sehingga konsolidasi pembelajaran dapat diperoleh secara bersama-sama melalui eksplorasi keaktifan dalam belajar. Untuk merangsang pembelajaran aktif tersebut maka perlu adanya metode yang cocokdalam proses pembelajaran. Salah satunyametode fitrah. Dengan ini kami melakukan "Pendampingan pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode fitrah di TPQ Baiti as-Salam” dengan tujuan Bahasa Arab yang dianggap sulit selama ini akan lebih mudah dan menyenangkan dan mendorong murid berani berbicara bahasa Arab dengan sangat percaya diri dengan mengenyampingkan metode kaidah dan tarjamah serta metode Qiroah karena sasaran metode fitrah ini adalah murid MI/SD dan SMP/MTs. Adapun hasil dari kegiatan pendampingan ini adalah porsi guru dengan murid berbanding 30:70. Disini murid lebih aktif bicara dibandingkan guru. Kedua, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran karena dengan livinglanguagebahasa Arab siswa mudah dan cepat untuk memahami bahasa asing tersebut dalam pemakaian sehari-hari, ditambah menggunakan media audio visual, nasyid, dan game sehingga belajar bahasa Arab menjadi menyenangkan.

 



Keywords

Metode Fitrah, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendampingan



Full Text: PDF



References


Akla. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Antara Harapan dan Kenyataan. Jurnal An-Nabighoh,19.176.

Tianhuri, Robby. (2021). Pembelajarn Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Kecerdasan Emosional Malalui Daring Di Kelas VI Mis Nurul Huda Sembubuk. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam. 2. 2.

Arsyad, M. Husni. (2019). Metode-metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut Al-‘Arabiyah, 7, 14-16.

Isnawati, Zakiyah dkk. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ShautAil-‘Arabiyah, 7, 33-34.

Afidati, Nadia. (2019). Dengan Metode Fitrah Pengajaran Bahasa Arab Jadi Menyenangkan.http://pwmu.co/107223/08/24/dengan-metode-fitrah-pengajaran-bahasa-arab-jadi-menyenangkan/, diakses pada 08 08 Juli 2022 pukul 08.27.

Multahada, Aayruni. (2020). Konsep Fitrah Pada Anak Usia dini. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/126, diakses pada 01 Juni 2022 pukul 19.53.

Muliati,Indah. (2019). Konsep Fitrah dan Implikasinya dalam Pendidikan.

https://www.researchgate.net/publication/330761648_KONSEP_FITRAH_DAN_IMPLIKASINYA_DALAM_PENDIDIKAN , diakses pada 25 Juni 2022.

Gozali, Marwan. (2021). Penggunaan Metode Muhadatsah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fitrah Oesapa Kupang. 1. 39.

Fadhilah, Safari Nur dkk. Manajemen Pembelajaran Berbasis Fitrah di TPA Sekar Purbalingga. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. 3. 5.

M. Tajuddin, A.-A., & Slamet, R. (2019, agustus sabtu). dengan metode fitrah, pengajaran bahasa Arab jadi menyenangkan. Diambil kembali dari Lazismu: https://pwmu.co/107223/08/24/dengan-metode-fitrah-pengajaran-bahasa-arab-jadi-menyenangkan/

(2022). Penggunaan Metode Fitrah Berbasis Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Arab. I-Fusha: ArabicLanguageEducationJournal. 4. 78-82.


Article View

Abstract views : 200 times | PDF files viewed : 101 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afifatud Dini, Lailatul Firdaus Hasanah, Anna Kholifah, Mamluatun Naimah, Jamilatus Zuhriah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com