PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE FITRAH DI TPQ BAITISSALAM



Authors (s)


(1) * Afifatud Dini   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Lailatul Firdaus Hasanah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Anna Kholifah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Mamluatun Naimah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Jamilatus Zuhriah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode fitrah adalah sebuah metode baru yang dikembangkan dari rahasia seorang ibu dalam mengajarkan bahasa kepada anaknya. Realitanya tidak pernah ada seorang ibu yang gagal dalam mengajarkan bahasanya (bahasa ibu) kepada anak-anaknya. Metode ini mendorong murid berani berbicara bahasa Arab dengan sangat percaya diri, karena menitikberatkan pendekatan tanya jawab dan menggunakan metode mubasyiroh atau sam’iyyahsyafawiyyah. Belajaraktif dapat merangsang stimulus dan respon murid serta bersifat menyenangkan. Interaksi dalam belajar aktif akan menimbulkan positive interdepedence sehingga konsolidasi pembelajaran dapat diperoleh secara bersama-sama melalui eksplorasi keaktifan dalam belajar. Untuk merangsang pembelajaran aktif tersebut maka perlu adanya metode yang cocokdalam proses pembelajaran. Salah satunyametode fitrah. Dengan ini kami melakukan "Pendampingan pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode fitrah di TPQ Baiti as-Salam” dengan tujuan Bahasa Arab yang dianggap sulit selama ini akan lebih mudah dan menyenangkan dan mendorong murid berani berbicara bahasa Arab dengan sangat percaya diri dengan mengenyampingkan metode kaidah dan tarjamah serta metode Qiroah karena sasaran metode fitrah ini adalah murid MI/SD dan SMP/MTs. Adapun hasil dari kegiatan pendampingan ini adalah porsi guru dengan murid berbanding 30:70. Disini murid lebih aktif bicara dibandingkan guru. Kedua, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran karena dengan livinglanguagebahasa Arab siswa mudah dan cepat untuk memahami bahasa asing tersebut dalam pemakaian sehari-hari, ditambah menggunakan media audio visual, nasyid, dan game sehingga belajar bahasa Arab menjadi menyenangkan.

 



Keywords

Metode Fitrah, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendampingan



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 270 times | PDF files viewed : 140 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afifatud Dini, Lailatul Firdaus Hasanah, Anna Kholifah, Mamluatun Naimah, Jamilatus Zuhriah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com