IMPLEMENTASI SDGS PENDIDIKAN BERKUALITAS MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR: STUDI KASUS SDN 372 GRESIK, PULAU BAWEAN, JAWA TIMUR



Authors (s)


(1) * Dhania Aisyah Aurella   (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Suarbaya)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan berkualitas adalah salah satu tujuan pembangunan jangka panjang pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, namun pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya learning loss yang cukup mengancam kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatasi learning loss akibat dari pandemi dengan berfokus pada bimbingan literasi dan numerasi melalui program Kampus Mengajar. Mitra sasaran dari kegiatan ini yaitu SDN 372 Gresik yang berlokasi di Pulau Bawean, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan Asset Based Community Development. Hasilnya ditemukan bahwa terdapat potensi besar yang dimiliki siswa-siswi SDN 372 Gresik namun tidak muncul karena tidak mendapatkan bimbingan dari tenaga pendidik yang ada. 


 



Keywords

Kampus Mengajar; Learning Loss; Pendidikan Berkualitas



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 732 times | PDF files viewed : 197 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhania Aisyah Aurella

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com