IMPLEMENTASI METODE TANDUR BERBANTUAN MODEL BUZZ GROUP DALAM UPAYA MEMICU KEAKTIFAN SISWA



Authors (s)


(1) * Nurul Faroh Rizqiah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Suatu pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah saja dapat membuat siswa bosan dan bahkan kurang memahami materi belajar yang disampaikan guru. Untuk mengatasi hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode TANDUR berbantuan model Buzz Group dalam mengurangi rasa bosan dan memicu keaktifan siswa selama pembelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Tempat penelitian berada di di MI Darussalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta wawancara. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa siswa menjadi lebih aktif dan tidak lagi mengantuk selama pembelajaran Fiqih ketika menggunakan metode TANDUR berbantuan model Buzz Grup. Hal ini juga dapat mengatasi siswa yang mengalami kesulitan memahami materi Fiqih sebab adanya diskusi yang dilakukan.




Keywords

Metode Tandur; Metode Buzz Group, Keaktifan Siswa



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 184 times | PDF files viewed : 104 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Faroh Rizqiah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com