IMPLEMENTASI METODE TANDUR BERBANTUAN MODEL BUZZ GROUP DALAM UPAYA MEMICU KEAKTIFAN SISWA

Nurul Faroh Rizqiah




Abstract

Suatu pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah saja dapat membuat siswa bosan dan bahkan kurang memahami materi belajar yang disampaikan guru. Untuk mengatasi hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode TANDUR berbantuan model Buzz Group dalam mengurangi rasa bosan dan memicu keaktifan siswa selama pembelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Tempat penelitian berada di di MI Darussalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta wawancara. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa siswa menjadi lebih aktif dan tidak lagi mengantuk selama pembelajaran Fiqih ketika menggunakan metode TANDUR berbantuan model Buzz Grup. Hal ini juga dapat mengatasi siswa yang mengalami kesulitan memahami materi Fiqih sebab adanya diskusi yang dilakukan.




Keywords

Metode Tandur; Metode Buzz Group, Keaktifan Siswa

Full Text:

PDF

References

Aeni, Y., Septu, D., Ibrahim, M., Hamdi, Z., & Husni, M. (2021). Pengaruh Model Tandur Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN 1 Suralaga Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 82–89.

Agni, I. N., & Saroionsong, W. P. (2020). Kontribusi Metode Sosiodrama Dalam Menstimulasi Kemampuan Bahasa Anak. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–6.

Ali, M., & Baihaki, F. (2021). Leadership Role in Decision Making and Team Building in School. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 3(3), 130–141.

Arsyad, Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat dan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204.

Arviani, E., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning dengan Konsep TANDUR Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(1), 45–51.

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 201. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497

Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Maulidnawati Jumrah, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tandur dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Inpress Bontoloe Kecamatan Kabupaten Gowa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 368–373.https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.2120

Meoleong, L. J. (2000). Penelitian Deskriptif. In Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 6). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Munif, M., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(September), 163–179.

Musbhirah, Q. U., Muntari, & Idrus, S. W. Al. (2018). Chemistry Education Practice Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas Xi Mia Man 2 Model Mataram the Influence of Learning Model Joyful Learning With Action Card Media. Chemistry Education Practice, 1(1), 27–33.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433–440. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Sugiati, I., & Zainuddin, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Melalui Model Quantum Learning Tipe Tandur. Wahana Sekolah Dasar, 27(1), 25–31.

Trisnoningsih, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri. Jurnal Educatio, 7(3), 863–871. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271

Wahid, A. H., & El Iq Bali, M. M. (2021). Problematika pembelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Edureligia, 05(01), 1–17.

Werdiningtyas, T. W. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Quantum Learning dengan Teknik Tandur pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(4), 1476–1481. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1521

Wiguna, S., Hidayat, M. A., & Sari, D. W. (2019). Implementasi Method Buzz Group dalam Hasil Belajar Luring Akidah Akhlak di Kelas VII MTs Miftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(2), 150–161. https://doi.org/10.47476/reslaj.v1i2.373

Yuliani, W. (2019). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Yulistiani, E. (2019). Peranan Pembelajaran Buzz Group Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Memproduksi Teks Cerita Sejarah, Berita Iklan, Editorial/Opini, Dan Cerita Fiksi Dalam Novel Yang Koheren Sesuai Dengan Karakteristik Teks Siswa Kelas XII-8. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6(3), 67–75.




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Faroh Rizqiah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com