TEMPAT SAMPAH OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER SISTEM IOT TELEGRAM BOT



Authors (s)


(1) * Muhammad As’adi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Muhammad Amir   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Muhammad Kamalio   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Muhammad Ali Ridho   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Manusia menyukai segala hal yang indah dan bersih termasuk kebersihan lingkungan disekitarnya. Namun, kepeduliannya terhadap lingkungan masih kurang dan faktanya masih banyak sampah yang berceceran di tanah sehingga dari sini perlu yang namanya daya tarik dalam mendorong manusia untuk membuang sampah pada tempatnya. Penelitian ini bertujuan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menciptakan tempat sampah otomatis yang dapat membuka dan menutup dengan sendirinya dengan sistem IoT (Internet of Things)sekaligus kontrol jarak jauh melalui aplikasi telegram bot dengan dua mode kerja yang berguna membantu petugas kebersihan dalam menjaga kondisi tempat sampah selalu dalam keadaan bersih. Manusia cenderung tetap memaksa membuang sampahnya pada tempat sampah yang sudah penuh sehingga dari permasalahan tersebut tercipta sistem yang dikembangkan dari sebelumnya dengan menambah sistem kontrol perpindahan dua mode kerja yang pertama mode kerja kosong dan mode kerja penuh. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif untuk mendapatkan data yang sesuai dengan fakta di lingkungan dan penelitian ini menghasilkan projek Tempat Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroler Sistem IoT Telegram Bot.




Keywords

Berbasis Mikrokontroler; Projek IoT; Sistem IoT; Telegam Bot; Tempat Sampah Otomatis



Full Text: PDF



References


Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroler: Konsep Dasar dan Praktis. Universitas Brawijaya Press.

Haryanto, D., & Wijaya, R. I. (2020). Tempat Sampah Membuka Dan Menutup Otomatis Menggunakan Sensor Inframerah Berbasis Arduino Uno. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 3(1).

Ismail, M., Abdullah, R. K., & Abdussamad, S. (2021). Tempat Sampah Pintar Berbasis Internet of Things (IoT) Dengan Sistem Teknologi Informasi. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 3(1), 7–12.

Malliwang, Y. (2020). Tempat Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Universitas Hasanuddin.

Peña, C. (2020). Arduino IDE: Domina la programación y controla la placa. RedUsers.

Rukin, S. P. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF EDISI REVISI. Jakad Media Publishing.

Setyawan, F., & Nuryadi, S. (2019). Perancangan Tempat Sampah Berbasis Internet of Things (Iot) Menggunakan Aplikasi Telegram. University of Technology Yogyakarta.

Sohor, S., Mardeni, Irawan, Y., & Sugiati. (2020). RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS MENGUNAKAN MIKROKONTROLER DAN SENSOR ULTASONIK DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM. Jurnal Ilmu Komputer, 9(2), 154–160.

https://doi.org/10.33060/JIK/2020/VOL9.ISS2.182

Sugiarto, I. (2022). Metodologi penelitian bisnis. Penerbit Andi.

Widodo, Y. B., Sutabri, T., & Faturahman, L. (2019). Tempat sampah pintar dengan notifikasi berbasis iot. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 5(2), 50–57.


Article View

Abstract views : 520 times | PDF files viewed : 136 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad As’adi, Muhammad Amir, Muhammad Kamalio, Muhammad Ali Ridho

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com