OPTIMALISASI PEMASARAN GULA AREN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DESA GUNGGUNGAN KIDUL KECAMATAN PAKUNIRAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Ahmad Jufri, Hammad Nur Kamil, Nanang Nur Afian




Abstract

Desa Gunggungan Kidul merupakan desa yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah salah satunya bahan utama membuat gula aren. Masalah yang dihadapi oleh masyarakat sebagai pengolah adalah penurunan penjualan gula aren karena tingkat pengetahuan masyarakat dalam teknik memasarkan gula aren menggunakan media social whatsapp, instagram, dan facebook masih rendah sehingga pemasaran gula aren hanya dapat dijual didalam lingkungan sekitar atau dari mulut- kemulut saja. Dalam kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat terutama kepad pengusaha gula aren mengenai teknik pemasaran yang menarik  dengan menggunakan media social whatsapp, instagram, dan facebook.  Sistem penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yang bersifat kualitatif serta berasal dari sumber internal dan eksternal perusahaan. Data primer diperoleh langsung dari pihak manajemen atau pemilik usaha gula merah melalui wawancara, dan pengamatan secara langsung (observasi). Data sekunder diperoleh melalui literature atau studi pustaka yang mendukung penelitian. Data tersebut bersumber dari data surat kabar, situs-situs internet, buku teks manajemen, perpustakaan dan data-data dari beberapa instansi terkait lainnya.Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa penyampaian materi kepada masyarakat dalam kegiatan workshop. Kemudian rekan-rekan mahasiswa KKN unuja memberikan sebuah arahan atau pendampingan dalam membuat akun social media FB,WA,IG dan teknik mengenai pemasaran didalam media social. Dari hasil kegiatan ini yang dilakukan oleh peneliti cukup membuahkan hasil yang mana masyarakat yang berpengusaha gula aren berkeinginan untuk memasarkan gula aren menggunakan media social whatsap, instagram, dan facebook agar lebih mudah dalam menjual produk serta akan akan meningkatkan penjualan, pendapatan, dan pemasaran mereka lebih meluas dari daerah ke daerah dan masyarakat selain memudahkan pemasaran gula aren tentunya juga menambah wawasan dan pengetahuan mengenai teknologi terutama dalam pemasaran yang menggunakan media social.


Keywords

Pemasaran; Gula Aren; Media Sosial; Desa Gunggungan Kidul

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta

Assuari, Sofyan. 2013. Manajemen Pemasaran.Jakarta : Rajawali Pers.

Assauri.1999. Manajemen Produksi dan Operasi.Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Agus Paryanto, Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Gula Kelapa Di Desa Sumberagung Kecamatan Grabag Kabupaten Purwerejo,(Universitas Muhammadiyah Purwerejo, Purwerejo, 2017).

Baharuddin. 2009. Hasil Hutan Bukan Kayu.Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Buchari, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung : Alfabeta

Suryani, I. .2015. Jurnal Komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor2 2, April 2014, 8(April 2014), 123-138

Muningsih, E. 2014. Facebook Commerce, E-commerce Pada Media Sosial Facebook Yang Modern Dan Populer. Bianglala Informatika, II(1), 11-18

Anugrahati NA. 1999. Optimasi Normalitas Asam Dan Waktu Hidrolisa Pada Pembuatan Sirup Glukosa Ganyong Secara Kimiawi Dan Kombinasi Enzimatis Kimiawi. [Skripsi]. Yogyakara (ID): Universitas Atmajaya.

Balai Informasi Pertanian. 2000. Pembuatan Gula Semut. Padang (ID): Liptan, Balai Penelitian Tanaman Palma. 2010. Pemanfaatan Tumbuhan Palma. Manado (ID): Balai Penelitian Tanaman Palma.

Darwin p. 2013. Menikmati Gula Tanpa Rasa Takut. Yogyakarta (ID): Sinar Ilmu.

Hariyadi P. 2011. Riset Dan Teknologi Pendukung Peningkatan Kedaulatan Pangan. Jurnal Diplomasi. 3(3): 90-105.

Dewan Gula Indonesia. 2013. Kondisi Penggulaan Indonesia. Jakarta (ID): Secretariat Dewan Gula Indonesia

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemsaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Elvina, E.2019. Pengaruh Penggunaan Median Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm).Ecobisma(Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 2(1), 106-118. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V2i1.722




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Jufri, Hammad Nur Kamil, Nanang Nur Afian

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com