APLIKASI SENSOR LDR (LIGHT DIPENDENT RESISTOR) PADA FITTING LAMPU UNTUK EFISIENSI ENERGI PADA LAMPU PENERANGAN PONDOK PESANTREN
AbstractSensor LDR akan mengatur cahaya dari lampu sesuai dengan cahaya yang diterima oleh sensor LDR. Pada kegiatan yang telah dilakukan diperoleh lampu penerangan yang dapat bekerja secara otomatis, pada saat keadaan sekitar dalam keadan gelap (malam) maka lampu penerangan menyala, dan sebaliknya ketika keadaan sekitar terang (siang) maka lampu akan mati secara otomatis. Hal ini berarti sensor cahaya bekerja dengan baik.Pemakaian lampu Pondok Pesantren yang dilakukan secara manual menimbulkan masalah pada efisiensi penggunaan listrik.Manusia dengan berbagai kesibukan sering tidak memperhatikan kondisi lampu dalam lingkungan pesantren apakah menyala atau tidak.Hal ini tentunya merupakan sebuah pemborosan pemakaian daya listrik.Sejalan dengan perkembangan pembangunan, jumlah kebutuhan daya listrik di Indonesia cenderung naik pesat.Peningkatan kebutuhan daya listrik dapat diakibatkan oleh penambahan beban baru, dapat juga disebabkan karena borosnya pemakaian daya listrik.Pemborosan energi listrik harus dicegah, karena pasokan daya listrik PLN semakin terbatas.Penghematan energi listrik dapat menguntungkan konsumen dan produsen.Oleh karena itu peneliti mengusulkan sebuah sistem otomasi yang dapat menghemat penggunaan listrik dari lampu.Dalam perancangan sistem menggunakan sensor Light Dependent Resistror (LDR).LDR atau light Dependent Resistor adalah salah satu jenis resistor yang nilai hambatannya dipengaruhi oleh cahaya yang diterima olehnya.Besarnya nilai hambatan pada LDR tergantung pada besar kecilnya cahaya yang diterima oleh LDR itu sendiri.sensor LDR berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya sekitar. Telah dilakukan pembuatan prototype sistem lampu penerangan pondok pesantren Nurul Jadid.Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan kontrol penerangan Pondok Pesantren yang dapat bekerja secara otomatis dan dapat menghemat pemakaian listrik. Dalam proyek akhir ini sensor yang digunakan adalah sensor LDR (Light Dependent Resistor) yang digunakan sebagai pendeteksi adanya cahaya pada tempat tersebut |
Keywords
Full Text:
References
Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24-29.
Anshari, M., Almunawar, M. N., Masri, M., & Hamdan, M. (2019). Digital marketplace and FinTech to support agriculture sustainability. Energy Procedia, 156, 234-238. DOI: https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.11.134
Chong, D., & Ali, H. (2022). Literature Review: Competitive Strategy, Competitive Advantages, and Marketing Performance on E-Commerce Shopee Indonesia. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(2), 299-309. DOI: https://doi.org/10.31933/dijdbm.v3i2
Christy, E. V.,Suryaputra, R., & Amelia. (2022). Analysis of the Influence of Environment Quality, Delivery Quality, and Outcome Quality Factors on Behavioral Intention through Customer Satisfaction on Shopee Apps Users in Surabaya. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 5 (03), 663-672. DOI: 10.47191/jefms/v5-i3-18
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.
Farhat, L., Ferzi, N., Marnas, M., A Wahab, D., & Al Haitamy, E. B. (2023). STRATEGI DALAM PENINGKATAN OMSET PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UKM RUMAH JAHIT RADHA. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(6), 1291-1302. DOI: https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/5913
Ferira, R. (2022). Analisis Aplikasi TikTok sebagai Platform Membangun Jaringan Bisnis Generasi Millenial. Munazzama: Journal of Islamic Management and Pilgrimage, (June), 1-15.
Harto, B., & Komalasari, R. (2020). OPTIMALISASI PLATFORM ONLINE INTERNET MARKETING UNTUK SME LITTLE ROSE BANDUNG. In Empowerment in the Community (Vol. 1, Issue 1).
Kristia, S. E., & Harti, H. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428-1438. DOI: https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1428-1438
Nichifor, E., & Țierean, O. M. (2020). Small and Medium Enterprises Go Digital. Bulletin of theTransilvania University of Braşov Series V: Economic Sciences. 12 (61), 2 – 2019. DOI : https://doi.org/10.31926/but.es.2019.12.61.2.8
Novida, C. H. (2023). Evaluasi usability testing terhadap aplikasi e-commerce dengan menggunakan sus questionnaire (Doctoral dissertation, Universitas Pradita). https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/188
Paramasivam, S. K., David, A. K., Marimuthu Somasundaram, S., Suthanthiram, B., Shiva, K. N., & Subbaraya, U. (2022). Influence of food hydrocolloids on the structural, textural and chemical characteristics of low-fat banana chips. Food Science and Technology International, 28(3), 203-215. DOI: https://doi.org/10.1177/10820132211003708
Pieter, G. M., Massie, J. D., & Saerang, R. T. (2021). Exploring the effectiveness of using Tik Tok as a media for promotion: A Case study of youth intention to buy products. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 11-20. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36128
Pujianto, D., Kadarsih, K., Novriani, D., Vona, B. O., Lestari, E. L. Y., Kesuma, A. B., & Apsyari, F. A. (2023). Pelatihan Bisnis Afiliasi Tiktok Pada Karang Taruna Desa Negeri Agung Ogan Komering Ulu Selatan. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(2), 150-157. DOI: https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i2.1552
Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital) : Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89–95. DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6687
Ribek, P. K., & Purnamasari, K. S. (2023). Optimalisasi Penggunaaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha F&B Kebun Es Teh Indonesia. Jurnal Dharma Jnana, 3(1), 72-80.
Salsabila, A., & Claretta, D. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA AKUN KOMUNITAS@ DISCITE. INSTITUTE SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN DIRI (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Tiktok Komunitas@ Discite. Institute). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(7), 3320-3329. DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3320-3329
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Setianingsih, F. E., & Aziz, F. (2022). Pengaruh media sosial marketing TikTok terhadap minat beli online di shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 107-116. DOI: https://doi.org/10.14710/jab.v11i2.42602
Suhardiman, A. & Kamaluddin, M. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42-53. DOI: https://doi.org/10.47431/jkp.v1i1.171
Syahputri, A. N. H. (2023). PENTINGNYA PEMAHAMAN TENTANG DIGITAL MARKETING BAGI PEMILIK USAHA UMKM DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRY DIGITAL 4.0. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 170-180. DOI: https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i2.565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 FATHOL ARIFIN
Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com