PENGARUH PENERAPAN TEKNIK HYPNOBIRTHING TERHADAP NYERI DAN KEMAJUAN PERSALINAN NORMAL



Authors (s)


(1) * Ummu Humairah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Rika Wulandari   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecemasan dan takut akan meningkatkan hormon ketokolamin dan adrenalin. Efeknya aliran darah akan berkurang dan oksigenasi ke dalam otot uterus akan berkurang. Sebagai konsekuensinya arteri akan mengecil dan menyempit sehingga dapat meningkatkan nyeri. Sehingga banyak ibu yang takut saat proses persalinan. Salah satu upaya  yang digunakan untuk meredakan nyeri saat persalinan normal dengan teknik hypnobirthing. Tujuan literature ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik hypnobirthing pada penurunan rasa sakit saat proses persalinan. Metode yang digunakan dalam mencari artikel untuk literature review dengan menggunakan database google scholar. Hasil yang didapatkan 634 artikel yang sudah diidentifikasi database. Setelah itu didapatkan hasil 10 artikel yang dapat digunakan dalam literatur review ini. Kesimpulan didapatkan sangat berpengaruh dalam penurunan nyeri pada proses persalinan.


Keywords

hypnobirthing;nyeri; persalinan



Full Text: PDF



References


Diana, E. (2022). ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU BERSALIN UNTUK PENGURANGAN NYERI PERSALINAN KALA 1 FASE AKTIF METODE AROMATERAPI LAVENDER DI TPMB KISWARI HADIMULYO TIMUR METRO PUSAT (Doctoral dissertation, Poltekkes Tanjungkarang).

Cichocka, A. (2016). Understanding defensive and secure in-group positivity: The role of collective narcissism. European Review of Social Psychology, 27(1), 283–317.

Yusriani, Y., Mukharrim, M. S., & Ahri, R. A. (2019). Pelaksanaan Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Melalui Peran Keluarga. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(2), 49–58.

Safitri, Y., Lubis, D. H., & Laili, A. (2023). The Effect of Hypnobirthing Relaxation Method on Pain Intensity in Labor Women at Pratama Hadijah Clinic, Medan Perjuangan District Medan City. International Journal of Public Health Excellence (IJPHE), 3(1), 11-20.

Franciska, Y., Yuka, A. A. S., & Wilma, W. (2021). Relieve Labor Pain With Hypno Prenatal and Prenatal Yoga. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 9(1), 60–70.

Lanina, G., Carolin, B. T., & Hisni, D. (2020). Pengaruh Kombinasi Teknik Kneading dan Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Intensitas Nyeri Kala I Persalinan di PMB Rabiah Abuhasan Palembang. JAKHKJ: Jurnal Akademik Keperawatan Husada Karya Jaya, 6(2). doi:doi.org/10.59374/jakhkj.v6i2.146.

Simatupang, M., & Mangkuji, B. (2020, Mei 31). Pengaruh Hypnobirthing terhadap Nyeri Persalinan pada Ibu Inpartu Kala I Fase Aktif di Klinik Eka Sri Wahyuni dan Klinik Pratama Tanjung Tahun 2017. Jurnal Medis Anatomica, 3(2).

Suprapti. (2021). Pengaruh Relaksasi Terhadap Nyeri Dan Kemajuan Persalinan Pada Ibu Bersalin. Indonesian Journal Of Midwifery, 1(1), 57–63. http://journal.umg.ac.id/index.php/ijmt/article/view/3432

Randayani Lubis, D., & Anggraeni, L(2020). Efektivitas Massage Punggung Dalam Mengurangi Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif Pada Primigravida & Multigravida. Jurnal Ilmiah Bidan, 5(1), 22-28.

Ria, I., Sidabukke, R., & Siregar, R. N(2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Ibu Bersalin Di Rumah Sakit Restu Medan Factors That Affect Mother s Anxiety In Labor At Restu Hospital Medan. 6(1), 276-284.

Schetter, & Anner. (2021)"Anxiety, Depression and Stress in Pregnancy: Implication for Mother, Children, Research, and Practice"Curren Opinion in Psychiatry, 25(3), 2-13.


Article View

Abstract views : 50 times | PDF files viewed : 18 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ummu Humairah Humairah, Rika Wulandari

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com