PKM PENDAMPINGAN BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID
AbstractBilangan cacah biasa digunakan dalam berbagai operasi hitung,baik Itu pembagian, perkalian, penjumlahan ataupun pengurangan. Maka dari itu operasi bilangan cacah ini membutuhkan kemampuan siswa dalam berhitung. Tetapi, sebagian besar siswa SD/MI kurang tertarik dengan perhitungan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah, dan juga mempengaruhi minat siswa terhadap pelajaran matematika.Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengetahui evektifitas penggunaan game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang operasi bilangan cacah penjumlahan dan pengurangan. Peserta pada kegiatan ini sebanyak 22 siswa kelas II, MI Azzainiyah II Paiton Probolinggo. Tim pelaksana pengabdian terdiri dari tiga orang mahasiswi Pendidikan Matematika Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Tahapan kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah pendampingan belajar operasi bilangan cacah menggunakan game edukasi berbasis android dikatakan berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung dan memahami materi operasi hitung bilangan cacah. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan rata-rata nilai pre test dan post test siswa, rata-rata nilai siswa meningkat dari 20% menjadi 85% setelah mengikuti kegiatan pendampingan belajar ini. Kata kunci: Bilangan Cacah; Game Android; Operasi Penjumlahan & Pengurangan; Pendampingan Belajar |
Full Text:
References
Audie, Nurul. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding seminar nasional pendidikan FKIP, 2(1), 586-595.
Fitriasari, P. (2017). Pemanfaat Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57-69.
Hidayati, dkk.(2022). Pendampingan belajar matematika berbantuan media pembelajaran berbasis game counting bunny untuk peserta bimbel di rumah belajar matematika. Pendidikan: Jurnal pengabdian masyarakat, 3(2), 93-99.
Hidayah, dkk. (2022). Pendampingan belajar matematika menggunakan media pembelajaran berbasis game android. Community development journal, 3(2), 812-818.
Indarwati, A.D. & Indrawati, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi duck shot pada sistem operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah kelas 2 sekolah dasar. JPGSD, 10(9), 2009-2020.
Isnaeni, Neni & Dewi, Hildayah. (2020). Media pembelajaran dalam pembentukan interaksi belajar siswa. Jurnal syntax tranformation, 1(5).
Muhammad, I. & Fonna, M. (2023). Pendampingan belajar pecahan sederhana melalui media puzzle pecahan di rumah baca hasan-savvas kota Lhokseumawe. Jurnal masyarakat mengabdi nusantara, 2(2), 169-178.
Pratama LD, Lestari W, Bahauddin A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? Attalim, 5(1):39–50.
Putu E., Ni Luh. (20??). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Sari, D.P., Isnurani, Ditama, R., & Rahmat, U. (2020). Memahami Matematika dengan Mudah dan Menyenangkan di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian kepada MasyarakatAphelion, 1(1), 137-143.
Widiastuti, Erni. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Sampai Angka 20 Dengan Menggunakan Permainan Bola Keranjang Siswa Kelas 1 Sd Negeri Kaliangkrik I. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1):11–22.
W. Rizki & Bambang, S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di sekolah. Edukatif:Jurnal ilmu pendidikan, 2(1), 23-27.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lailatul Fajriyah, Diana Susilowati, Siti Aisyah
Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com