KONSEP AL-MASLAHAH DALAM PENYELESAIAN SENGKETA WAKAF



Authors (s)


(1) * MOH MAHRUS   (IAIN Samarinda Kalimanta Timur)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Resolusi sengketa wakaf serta persoalan lain dalam ranah hukum Islam dapat difasilitasi oleh jalur litigasi maupun non-litigasi. Eksistensi perdamaian (al-islah) serta musyawarah untuk mufakat senantiasa menjadi prioritas. Ketepatan dalam memilih upaya alternatif penyelesaian sengketa wakaf –terutama melalui mediasi- diharapkan dapat menyelesaikan masalah tanpa memunculkan persoalan lain (la darara wa la dirara). Dinamisasi hukum Islam dituntut melahirkan berbagai upaya solutif persoalan segenap aspek kehidupan manusia. Demikian pula terkait praktek perwakafan serta beragam wujud problemnya, menuntut adanya penyelesaian. Semua upaya penyelesaian sengketa tersebut bertujuan untuk mencapai kemaslahatan umat sesuai dengan maqasid asy-syari’ah dan mewujudkan hukum yang berkeadilan serta menumbuhkan keadilan hukum di tengah masyarakat. Sebagai langkah antisipatif dan untuk meminimalisir sengketa wakaf, seyogyanya dipastikan adanya upaya mediasi yang mengedepankan kebajikan dan gerakan legalisasi, baik aset maupun lembaga/pengelola wakaf.




Full Text: PDF



References


Allen, & Meyer. (1990). Measurement of Antecedent of Affective, Continuance, Normative Commitment to The Organization. Occupational Psychology , 1-20.

Author name, “Example of journal article,” Journal Title, XXIII (4), pp. 605-635, 1992

Arceneaux L. S. (1993), The influence of Teacher Behaviour on the Distribution of Achievement in the Classrooms: An Application of the Hierarchical Linear Model, Doctoral Dissertation, Baton Rouge (Louisiana, USA): Louisiana State University

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior; An Evidance-Based Approach. USA: McGraw-Hill.

Yin, R. K. (2003). Case Study Research; Design and Methods. USA: Sage Publication.

Baharun, H., & Mundiri, A. (2011). Metodologi Studi Islam: Percikan Pemikiran Tokoh Dalam Membumikan Agama. Ar-Ruzz Media (1st ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mundiri, A. (2014). REKONSTRUKSI EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS SPIRIT INTEGRALISTIK. At-Turas, 1(1), 23–51.

Mundiri, A., & Zahra, I. (2017a). Corak Representasi Identitas Ustadz dalam Proses Transmisi Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No, 21–35.


Article View

Abstract views : 277 times | PDF files viewed : 330 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :
 

 
 

Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.