PERUBAHAN HABITUS SANTRI; STUDI DI PESANTREN BADRIDDUJA PROBOLINGGO
AbstractPenelitian tentang santri masih terbatas, khususnya dalam kancah pendidikan di Indonesia. Pada berbagai literatur, keberadaan santri dikesampingkan oleh para peneliti dan ditempatkan sebagai objek. Pembahasan tentang santri memang ada, namun masih terserak pada sub bab dan belum menjadi kajian yang utuh. Kecenderungan para peneliti menjadikan kiai sebagai episentrum perubahan di pesantren, sehingga melupakan adanya faktor lainnya, yaitu santri yang juga memiliki sumbangsih bagi keberadaan pesantren. Berdasarkan pemikiran tersebut, peneliti mengajukan fokus penelitian yaitu, masihkah pesantren sebagai sub kultur? Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami secara mendalam tentang santri sebagai aktor dalam kaitannya dengan arus perubahan pesantren. Teori yang akan digunakan adalah habitus. Desain penelitian adalah kualitatif dengan menjadikan Pesantren Badridduja sebagai lokus penelitian. Penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. |
Full Text:
References
Allen, & Meyer. (1990). Measurement of Antecedent of Affective, Continuance, Normative Commitment to The Organization. Occupational Psychology , 1-20.
Author name, “Example of journal article,” Journal Title, XXIII (4), pp. 605-635, 1992
Arceneaux L. S. (1993), The influence of Teacher Behaviour on the Distribution of Achievement in the Classrooms: An Application of the Hierarchical Linear Model, Doctoral Dissertation, Baton Rouge (Louisiana, USA): Louisiana State University
Luthans, F. (2011). Organizational Behavior; An Evidance-Based Approach. USA: McGraw-Hill.
Yin, R. K. (2003). Case Study Research; Design and Methods. USA: Sage Publication.
Baharun, H. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 1, No(1), 34–46.
Mundiri, A. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Kerja Berbasis Pesantren ( Studi Multikasus di SMA Nurul Jadid dan SMA Unggulan Hafshawaty Zainul Hasan Probolinggo). UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1(1), 34–46.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.