EXPLORATION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION (PAI) TEACHERS' PERCEPTION OF STUDENTS' MORALS IN THE DIGITAL ERA

Jauharul Maknun Al Ma’ie, Jazilurrahman Jazilurrahman




Abstract

Era digital telah memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan pembentukan moral peserta didik. Teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet dan media sosial, merupakan sumber potensial pembelajaran agama tetapi juga menghadirkan tantangan etika yang kompleks. Penelitian ini mengeksplorasi persepsi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap moralitas peserta didik di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menyadari dampak positif teknologi, seperti kemudahan akses terhadap konten keagamaan yang memperkaya pemahaman nilai-nilai spiritual. Namun, mereka juga menyoroti konsekuensi negatif, termasuk paparan konten yang tidak selaras dengan nilai-nilai agama, perubahan pola interaksi sosial, dan ketergantungan pada teknologi yang dapat mengurangi kedisiplinan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Guru PAI memandang pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran agama yang kreatif dan perlunya pengawasan dalam memilih dan memanfaatkan konten digital. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat dalam membimbing peserta didik untuk menggunakan teknologi secara bijak dengan menanamkan nilai-nilai moral yang relevan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif, adaptif, dan berbasis nilai untuk mendukung pembentukan karakter generasi muda di tengah tantangan era digital.



Keywords

Religious Education, Student Morality, Teacher Perspective.

Full Text:

PDF

References

Ahmad, S. M., Nurhayati, S., & Kartika, P. (2024). Literasi Digital Pada Anak Usia Dini: Urgensi Peran Orang Tua dalam Menyikapi Interaksi Anak dengan Teknologi Digital. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 47–65.

Amir, A., SUnniyah, S. F., & Sabran, S. (2022). RELIGIOUS CULTURE IN BUILDING CHARACTER RESISTANCE IN SCHOOLS: A SOCIAL RECONSTRUCTION THEORY PERSPECTIVE. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 153–163. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1427

Mahmud, E., Rozi, F., Hefniy, Syakroni, A., Muali, C., Widad, R., Azizah, N., Zuhriya, S. A., & Abdullah, D. (2021). The Effect of Using Edmodo Application on Students’ Mastery Skill of Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1), 12157. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012157

Najiburrahman, N., Khoir, M. I., Hefniy, H., & Mudarris, B. (2024). Exploring Leadership Based on Local Wisdom: Leadership Learning in Pesantren. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 8(1), 43–56.

Anandari, A. A. (2024). Bijak Beragama di Dunia Maya: Pendidikan Karakter Era Digital. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arifuddin, I. F., & Yusuf, H. (2024). PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA EKONOMI KHUSUS DI SEKTOR PERBANKAN. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(9), 5398–5413.

Azwar, I., Inayah, S., Nurlela, L., Kania, N., Kusumaningrum, B., Prasetyaningrum, D. I., Kau, M. S., Lestari, I., & Permana, R. (2023). Pendidikan di Era Digital.

Fauzi, I., & Suaidi, S. (2024). Judi Online Sebagai Problematika Yang Menggerogoti Dimensi Kehidupan Bersarang Dibalik Kemajuan Teknolkogi Digital. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 250–263.

Gulo, E., Laia, D., & Tapilaha, S. R. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Digital. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 3(1), 13–25.

Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

KHAMDIYAH, L. (n.d.). UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA DIGITAL DI MTS NEGERI 2 PURBALINGGA.

Mardianti, A. (n.d.). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Era Digital.

Meti, N. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Di Era Milenial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. VOCAT: Jurnal Pendidikan Katolik, 3(2), 36–41.

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52.

Rohani, R. M. (2024). Penggunaan teknologi digital dalam pengajaran pendidikan agama Islam: Tantangan dan peluang. Student Journal IAIN Curup. Https://Studentjournal. Iaincurup. Ac. Id/Index. Php/Guau/Article/Download/1294/1062/4527.

Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital Tinjauan Literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42.

Syahraini, K., Zakariah, A., & Novita, N. (2024). Peran Media Sosial terhadap Perilaku Peserta Didik di Era Globalisasi. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 118–128.

Violeta, F. M., & Achadi, M. W. (2024). Implementasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2799–2807.

Zalukhu, N., Telaumbanua, T. I., & Raisal, A. Y. (2024). Strategi Penguatan Nilai Akhlak Islam Pada Siswa SD Di Era Digital. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 830–839.




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY