IMPLEMENTATION OF ISLAMIC EDUCATION IN FORMING KARIMAH IMACLES AT NURUL JADID ISLAMIC BOARDING SCHOOL
AbstractPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus untuk mengetahui implementasi pendidikan Islam dalam pembentukan akhlak di asrama Syekh Nawawi Al-Bantani. Subjek penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam, siswa, dan keluarga yang terlibat dalam proses pendidikan, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui langkah-langkah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di asrama ini berfokus pada aspek spiritual dan mengembangkan toleransi dan karakter yang baik melalui berbagai metode, seperti keteladanan guru dan kegiatan asrama yang memperkuat nilai-nilai Islam. Ditemukan pula faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan, yang meliputi motivasi siswa, kualitas guru, dan lingkungan sosial yang mendukung. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang kontribusi pendidikan Islam dalam membentuk akhlak pada siswa.
|
Keywords
Full Text:
References
A
Akhmad, F. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam konsep pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 79–85.
Alam, L. (2016). Internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dalam perguruan tinggi umum melalui lembaga dakwah kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101–119.
Amin, A. (2020). Metode Pembelajaran Dengan Kisah Dalam Perspektif Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 1–11.
Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203–229.
Apriani, A.-N., & Sari, I. P. (2020). Penguatan karakter nasionalisme generasi alphamelalui living values education program (LVEP). Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 67–79.
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96.
Dini, J. (2022). Efektivitas Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6791–6802.
Falah, R. Z. (2018). Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).
Harmi, H. (2022). Model pembelajaran pendidikan agama islam berbasis moderasi beragama. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 228–234.
Hidayah, H. H. (2023). Pengertian, Sumber, Dan Dasar Pendidikan Islam: bahasa indonesia. Jurnal As-Said, 3(1), 21–33.
Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353–360.
Imaroh, Z., Hamzani, A. I., & Aryani, F. D. (2023). Pertanggungjawaban Pidana Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Penerbit NEM.
Kasingku, J. D., & Sanger, A. H. F. (2023). Peran Pendidikan Agama Dalam Membentengi Remaja dari Pergaulan Bebas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2114–2122.
Koesoema, A. D. (2012). Pendidikan Karakter: Utuh dan Menyeluruh. PT Kanisius.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter dalam Islam pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan karakter anak berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib, 3(2), 197–216.
Majid, A. (2011). Dian andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004).
Munawir, M., Salsabila, W., & Sudibyo, I. B. J. (2024). Analisis Pendidikan Agama Islam melalui Pendekatan Studi Literatur Terkini: Pemahaman Mendalam untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(2), 1156–1167.
Mutaqin, Z., Maya, R., & Maulida, A. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Gunungsindur Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(01), 132–142.
Nurjannah, E., Masudi, M., Baryanto, B., Deriwanto, D., & Karolina, A. (2020). Strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 159–171.
Pasaribu, M. (2020). Pandemic COVID 19 Mengembalikan Pendidikan dalam Keluarga. New Normal, 151.
Purnamasari, I., Rahmawati, R., Noviani, D., & Hilmin, H. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 13–22.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85.
Samosir, R. Y. (2024). Membentuk Integritas Guru di Era Revolusi Industri. Komprehensif, 2(1), 155–162.
Susiatik, T., & Sukoco, S. (2022). Penanaman Nilai-nilai akhlakul karimah. Journal of Democratia, 1(1), 16–25.
Ulya, V. F. (2018). Pendidikan Islam di Indonesia: Problem Masa Kini dan Perspektif Masa Depan. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 136–150.
Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18–29.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91.
Yunan, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569.
Zulmuqim, Z., Zalnur, M., Aroka, R., & Desman, D. (2022). Hakikat Pendidikan Islam: Dasar, Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam serta Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11721–11731.
A Sagir, Mas’udi, 2. (2021). Dakwah Bil Hal: Prospek dan Tantangan Da’i. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah, 14(27), 15–27.
Amir, A., SUnniyah, S. F., & Sabran, S. (2022). Religious Culture In Building Character Resistance In Schools: A Social Reconstruction Theory Perspective. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 153–163. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1427
Baharun, H., & Badriyah, F. N. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Bingkai Islam Nusantara Perspektif Kh. Said Aqil Siroj. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 8(1), 37–51. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v8i1.240
Mahri, R. M. (2023). Mensukseskan Kegiatan Pekan Aswaja. Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 5(2), 200–212.
Mundiri, A., Hasanah, U., & Baharun, H. (2022). The Mindful Parenting of Kyai in Pesantren. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 469–478. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1331
Muslimah, N. (2022). Peran Pengurus Pesantren dalam Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Santri di Pondok Pesantren Raudlatur Rochmaniyah Lumajang. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 50. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1569
Najiburrahman, N., Khoir, M. I., Hefniy, H., & Mudarris, B. (2024). Exploring Leadership Based on Local Wisdom: Leadership Learning in Pesantren. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 8(1), 43–56.
Zamroni, Z., Febrianto, A., Ali, M., & Rokaiyah, S. (2022). Membangun Kesadaran Santripreneur Berbasis Kearifan Lokal di Pondok Pesantren. Al-Tijary, 113–127. https://doi.org/10.21093/at.v7i2.4264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY