ANALYSIS OF ASWAJA'S DAKWAH STRATEGY IN THE ERA OF TECHNOLOGICAL DESTRUCTION DURING THE PANDEMIC



Authors (s)


(1) * Dwi Cahyo Utomo   (Nurul Jadid University, East Java, Indonesia)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study discusses the Islamic Islamic Boarding School-Based Digital Da'wah Strategy during the Pandemic (a case study of the Nurul Jadid Islamic boarding school youtube channel). The background of this research is the Covid-19 pandemic period which has a broad impact on da'wah and education, Education and da'wah programs must continue to run, YouTube social media as a strategy for preaching and broadcasting Islamic values. So in this study, 3 (three) problem formulations were formulated, namely how is the propaganda strategy for the Nurul Jadid Islamic boarding school youtube channel in presenting its da'wah content during the pandemic? What is the da'wah strategy for the YouTube channel of Pondok Pesantren Nurul Jadid in presenting its da'wah content during the pandemic? What is the Islamic boarding school-based digital preaching strategy during the pandemic? The purpose of this research is to find out what strategy is used by the youtube channel of Pondok Nurul Jadid in presenting their da'wah content. This study uses a qualitative approach. In this study, researchers used data collection methods through interviews and documentation. The interview method was carried out to find out and complete the data and efforts to obtain accurate data and appropriate data sources. In this study, the authors interviewed two informants, namely the YouTube manager of Islamic



Keywords

Da'wah Strategy, Digital, Pandemic, Pesantren



Full Text: PDF



References


Al-Fauzan, Abdurrahman bin Ibrahim dkk., Al- Arabiyyah Baina Yadaik. Riyadh: Kingdom of Saudi Arabiyyah, 2013.

Al-Qur’an al-Karim

Abdullah, M ma’ruf, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cet. I; Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2015.

Amir, “ Teknologi Pengajaran Bahasa Arab: Suatu Interpretasi Psikodinamik”, Tesis. Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2001.

Anam, Khairul. “ Pengembangan Weblog sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Pondok pesantren An Nahdlah Makassar”, Tesis. Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2010.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Aslamiyah, “ Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabaena Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara ”, Tesis. Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2016.

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran. Cet. I; Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2003

Bakri, Mubassyirah Muhammad. “ Kendala Psikologis Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah DDI-AD (Ambo Dalle) Galesong Baru Makassar”, Tesis, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2011.

Bungin, M. Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan public serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Cet. IX; Jakarta: Kencana, 2017.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif . Cet.VII; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Fauzi, Adit Tiawaldi Muhbib Abdul Wahab, “Perkembangan Bahasa Arab Modern dalam Perpektif Sintaksis dan Semantik pada Majalah Al Jazȇra”, Jurnal IMLA. Jakarta: Pasca Sarjana UIN Jakarta, 2017.

Gulo, W., Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo, 2002.

Gunawan, Fransiskus Ivan dan Stefani Geima Sunarman, "Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran", Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 2018, 340-348. 7481. ( Diakses 22 Mei 2019)

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. IV; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Hermawan, Saiful. “Aspek-Aspek Psikologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Program Akselerasi MAN II Ponorogo”, Tesis, Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan kalijaga, 2015.

Hasan, M. Iqbal, Pokok – pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Masniati “Kajian Psikolinguistik Terhadap Ayat-Ayat QS. Maryam Tentang Pendidikan Anak Pranatal dan Postnatal”, Disertasi, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2016.

Morissan, Metode Penelitian Survei. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2014.

Musfiroh, Tadkiroatun. Psikolinguistik Edukasional- Psikolinguistik Untuk Pendidikan Bahasa, Edisi kedua; Yogyakarta: Tiara Wacana, 2017

Mushlihin “ Efektifitas Pedekatan Psikologis dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah As’addiyah Nomor 5 Uloe Kabupaten Bone”, Tesis, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2011..

Nasruni, “ Efektifitas Penerapan Metode Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darul Muttaqin Maccopa Maros”, Tesis, Makassar:

Hasan, M. Iqbal, Pokok – pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Masniati “Kajian Psikolinguistik Terhadap Ayat-Ayat QS. Maryam Tentang Pendidikan Anak Pranatal dan Postnatal”, Disertasi, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2016.

Morissan, Metode Penelitian Survei. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2014.

Musfiroh, Tadkiroatun. Psikolinguistik Edukasional- Psikolinguistik Untuk Pendidikan Bahasa, Edisi kedua; Yogyakarta: Tiara Wacana, 2017

Mushlihin “ Efektifitas Pedekatan Psikologis dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah As’addiyah Nomor 5 Uloe Kabupaten Bone”, Tesis, Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2011..

Nasruni, “ Efektifitas Penerapan Metode Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Darul Muttaqin Maccopa Maros”, Tesis, Makassar:

Rozak, Abd. “Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom ”, Arabiyyat: Jurnal

Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasa Araban.http://dx.doi.org/10.15408/a.v5i1.7481 ( Diakses 22 Mei 2019).

Saepul, Asep dan E. Bahruddin, Metode Penelitian Kuantitatif Aflikasi dalam Pendidikan. Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Sa'diyah, H., Manshur, U., & Suhermanto, S. (2024). Integration of Talking Stick and Audio Visual: an Innovative Approach in Improving Student Learning Outcomes. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 48-60.

Safei, Teknologi Pembelajaran Pengertian, Pengembangan, dan Aplikasinya. Cet.I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Salim,Agus. “ Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah As’ adiyah Putera Macanang Kabupaten Wajo”, Tesis (Makassar: Pasca Sarjana UIN Alauddin Makassar, 2011.

Siagian, Dergibson dan Sugiarto, Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Cet. III; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006

Siregar, Sofyan. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Ed. I, Cet. I




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025/10/20 Utomo