Aisyah, S. (2024). Integrasi Pendidikan Islam Dalam Membangun Kepribadian Muslim Yang Tangguh Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Al-Ilmi: Journal of Islamic Education, 1(2), 86–112.
Al Amin, R. K., & Ali, M. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Sekolah Berkualitas di MTs Muhammadiyah Waru Baki. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 6(1).
Al Farisi, Y., Zubaidi, A., & Alianroo, B. (2024). Kepemimpinan kewirausahaan berbasis pesantren; kelincahan strategis lembaga pendidikan islam menuju kemandirian finansial. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2900–2910.
Alfaruq, A. L. I. (2025). Strategi Manajemen Unit Bisnis dalam Membangun Kemandirian Ekonomi pada Pondok Pesantren Darul A’Mal Metro Lampung. UIN Jurai Siwo Lampung.
Amin, M. N., Nashihin, M., & Nursikin, M. (2024). Peningkatkan Karakter Religius Siswa Melalui Internaliasi Nilai dalam Kegiatan Keagamaan dan Sosial. Madinah: Jurnal Studi Islam, 11(2), 295–312.
Anggraeni, N., & Haryanto, B. (2022). Faktor-Faktor Yang Meningkatkan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Islam di Indonesia: Literature Review. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 489–496.
Anwar, K. (2021). Pendidikan Islam Multikultural: Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah (Vol. 1). Academia Publication.
Ariani, R., & Ritonga, M. (2024). Analisis Pembinaan Karakter: Membangun Transformasi Insan Kamil Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 174–187.
Arizal, M., & Husniyah, H. (2025). Transformasi Pendidikan Karakter berbasis Pendidikan Agama Islam untuk Generasi Berakhlak Mulia. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 5(1), 49–56.
Azra, A. (2023). Paradigma Baru Pendidikan Islam di Era Transformasi Sosial. Prenadamedia Group.
Billa, M. Z. A. (2025). Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Paradigma: jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan, 11(2), 175–184.
Faridah, A. (2023). Pendidikan Islam multikultural sebagai sarana pembentukan karakter bangsa yang berbudi pekerti luhur. Launul Ilmi: Jurnal Keislaman Dan Peradaban, 1(1 Desember), 21–34.
Hanafie Das, W., & Halik, A. (2020). Pendidikan Islam di Pondok Pesantren: Problematika dan Solusinya. Uwais Inspirasi Indonesia.
Hanifah, S., & Bakar, M. Y. A. (2024). Konsep pendidikan karakter dalam pemikiran Ibnu Miskawaih: Implementasi pada pendidikan modern. Journal of Education Research, 5(4), 5989–6000.
Hayat, M. N., Rossi, R. J., Ainayya, M. Q., & Mu’alimin, M. (2025). Strategi pendidikan Islam dalam membangun karakter multikultural pada peserta didik. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 247–258.
Juariah, S. (2023). Paradigma pendidikan Islam dan pengembangan sumber daya insani dalam membentuk etika dan karakter dalam masyarakat Islam. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 65–71.
Karya Utami, F., Deriwanto, D., & Idris, M. (2025). Etika Peserta Didik dalam Perspektif Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Saat Ini. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
Khaidar, M. D. (2025). Implementasi integrasi kurikulum nasional dan pesantren dalam pembentukan kompetensi pengetahuan dan sikap peserta didik di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbullah Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Kusumawati, I. (2024). Integrasi kurikulum pesantren dalam kurikulum nasional pada pondok pesantren modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7.
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan karakter Gen Z di era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mibtadin, M., & Patimah, L. (2022). Moderasi Beragama, Islamic Studies, Dan New Paradigm: Arah Baru Pengembangan Islamic Studies Di Ptki. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 27–38.
Pangeran, G. B., Zumaro, A., & Khusnadin, M. H. (2025). Pendidikan Sosial Berbasis Islam: Pendekatan Terpadu dalam Membangun Karakter dan Persatuan Masyarakat. Journal of Education Research, 6(1), 61–69.
Pew Research Center. (2022). Attitudes Toward Religion, Intolerance, and Social Harmony in Muslim-Majority Nations. Pew Research Center.
Priyatno, A. (2020). Transformasi Manajemen Pesantren Penghafal Al-Qur’an di Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus. Penerbit A-Empat.
Rahayu, S. (2023). Implementasi pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam membentuk karakter peserta didik pada SMK Ulil Albab dan SMK Al-Musyawirin Kabupaten Cirebon. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3297–3310.
Ridho, A. (2024). Dakwah dan Literasi Keagamaan Lintas Budaya: Peluang dan Tantangan di Kancah Lokal sampai Global. CV Jejak (Jejak Publisher).
Rozi, F., Nareswari, A. Z., & Ali, M. (2025). Islamic Education As a Practice of Liberation:: A Reflection on Paulo Freire. Ma’rifatuna: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(02), 79–91.
Saragih, M. A. T. S. (2025). Kajian Komprehensif Globalisasi Pendidikan Di Era Digital. umsu press.
Shobirin, M., Rosyadi, R. N., & Sari, E. F. (2025). Tantangan Dan Problematika Masyarakat Modern. Cahya Ghani Recovery.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunan, S. B. (2023). Metode Pendidikan Islam Dalam Buku UṢul Al-TarbiyyaḦ Al-IslamiyyaḦ Karya Abdurrahman Al-Nahlawi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sunardi, S. (2025). Peran Pondok Pesantren Darul Kamal Nahdlatul Wathan Dalam Mendorong Pembangunan Pendidikan Islam Di Pedesaan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 8(1), 59–74.
Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT. Pustaka Rizki Putra.
Ukhro, J. N., Yusuf, M., & Setiawan, D. (2025). Penerapan Metode Keteladanan Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren El-Qurro Lampung Utara. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 4(2), 103–112.
Unesco. (2021). Social Media and the Spread of Hate Speech: Global Trends and Regional Insights. Unesco Publishing.
Yanti, R. P., Anggi, M. S., Asia, N., & Latif, M. (2025). Isu dan Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 7379–7385.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12.