Al-Qur’an, Syamil. 2014, Al-Qur’an Tikrar. Jakarta: Sygma.
Aan, Komariah, Dan Engkoswara, 2010, Administrasi Pendidikan, Bandung:
Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA ALFABETA.
Adhim, Fauzan. 2020. Arah Baru Manajemen Pondok Pesantren. Batu: LITERASI
NUSANTARA
Alben, Ambarita. 2013, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta : GRAHA
ILMU.
Albakri, Abdullah Bin Umar. 2018. Intisari Subulussalam.Jakarta: PP.
DARUNNAJAH
Andang, 2014, Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Ar-RUZZ MEDIA.
Departemen Agama RI.2006. Pergeseran Literatur Pondok Pesantren Salafiah
Indonesia.Jakarta: DEPERTEMEN AGAMA RI.
Dofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Efendi, Nur. 2014. Manajemen Perubahan Di Pondok Pesantren. Yogyakarta:
TERAS
Fawait, Agus. 2021. Pesantren Dari Paradikma Kelasik Hingga Kontemporer. Bondowoso: CV. LICENSI.
Hasan, Muhammad. 2020. Kiai Husnan Pengabdi Menjadi Wali. Bondowoso.:
PUSTAKA DARUL AMAN.
Hosaini, 2019. Manajemen pendidikan madrasah. Batu: LITERASI NUSANTARA.
Kompri. 2018. Manajemen Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta:
PRENADAMEDIA GRUP.
Ma’arif, Syamsul. 2015. Pesantren Eklusif Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta:
KAUKABA DIPANTARA.
Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Mastuhu, 1999 Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: PT. LOGOS
WACANA ILMU
Mas’ud, Abdurrahman, et.al. 2002. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta:
PUSTAKA PELAJAR.
Masyhud, Sulthon dan khusnurdilo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta:
DIVA PUSTAKA.
Muhaimin. 2012. Paradikma Pendidikan Islam. Bandung: PT. REMAJA ROSDA
KARYA
Marno, Triyo Supriyanto, 2008, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: PT. REFIKA ADITAMA.
Mustari, Muhammad.2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINO
PERSADA.
Muhdi, Ahmad adib. 2018. Manajemen Pendidikan Terpadu Pondok Pesantren Dan
Perguruan Tinggi. Malang: CV. LITERASI NUSANTARA ABADI.
Muhith, Abd. 2017. Dasar Dasrar Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan.
Yogyakarta: SAMUDRA BIRU.
Mochtar, Affandi. 2009. Kitap Kuning & Tradisi Akademik Pesantren. Bekasi:
PUSTAKA ISFAHAN
Nasir, Ridlwan.2005. Mencari Tripologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren
Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Nata, Abuddin. 2014. Metodologo Studi Islam. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO
PERSADA.
Nawawi, Hadari. Metodelogi Penelitian Bidang Sosial. UGM PRESS.
Pramono, Ari Agung. 2017. Model Kepemimpinan Kiai Pesantren Ala Gus Mus.
Yogyakarta: CV. PUSTAKA ILMU GRUP.
Qomar, Mujamil.2005. Pesantren Dari Tranformasi Metodelogi Menuju
Demokratisasi Institusi. Jakarta: ERLANGGA.
Rahardjo, Dawam. 1985. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M
Shidiqi, ‘Allamah ‘Alaudin. 2019. Buku Saku Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA).
Jombang: PONPES “SUNAN KALIJAGA”.
Shodiq, Abdulloh.2019. Pengembangan Kurikulum Pesantren Muadalah. Malang:
LITERASI NUSANTARA.
Sukamto, 1999. Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren, cet I, Jakarta: PT. PUSTAKA
LP3ES,
Suheri.2017. Teknik-teknik menulis PTK, Skripsi & Tesis. Surabaya: IMTIYAZ.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
ALFABETA.Steenbrink, Karel. 1986. Pesantren Madrasah Sekolah. Jakarta: LP3ES.
Umiarso, dan Ninik Masruroh. 2011. Moderenisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-RUZZ MEDIA.
Yasmadi. 2007. Modernisasi Pesantren.Jakarta: BALAI PENELITIAN DAN
PENGEMBANGAN AGAMA.
Ziemek, Manfred. Pesantren dalam perubahan sosial. Jakarta: P3M.