Kontrol Sistem Starter Sepeda Motor Berbasis Mikrokontroler Dengan Smartphone Android Menggunakan Voice Recognition

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v2i2.1400

Authors (s)


(1)  Abdul Rosyid   (Universitas Islam Lamongan)  
        Indonesia
(2)  Agus Setia Budi   (Universitas Islam Lamongan)  
        Indonesia
(3) * Purnomo Hadi Susilo   (Universitas Islam Lamongan)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk keamanan dan efektifitasan dalam pemakaian kendaraan roda dua atau sepeda motor yang menggunakan smarthphone. Dalam keamanan dan kemudahan pemakai dalam menggunakan kendaraan roda dua tanpa menggunakan kunci konvensional. Selama ini, karena maraknya kasus pencurian motor yang sering terjadi. Sehingga pemakaian merasa resah akan kasus tersebut. Maka penelitian ini dibuat untuk membantu pemakai kendaraan roda dua dalam keamanan kendaraan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tanpa menggunakan kunci konvensional masih bias untuk menyala. Sistem kemanan ini berbasis relai dan akan dikendalikan melalui smartphone dengan sistem operasi Android. Sistem komunikasi dirancang dengan menggunakan modul bluetooth HC-06 yang dapat diintegrasikan dengan papan mikrokontroler Arduino Uno. Detail perancangan sistem dijelaskan pada skripsi ini. Hasil pengujian menunjukan jarak maksimal komunikasi bluetooth antara pengendali (smartphone) dengan sistem pada sepeda motor yaitu 10 M.


Keywords

Arduino Uno, Smartphone, Bluetooth HC-06



Full Text: PDF



References


Beman Suharjo, S. F. (2011). Perancangan Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Sistem Sidik Jari. Jurnal Teknik Komputer, 17-27.

Joyner R. Oroh, E. K. (2014). Rancang Bangun Sistem Keamanan Motor Dengan Pengenalan Sidik Jari. e-Journal Teknik Elektro dan Komputer , 1-7.

Maya selvia, Hamdi Rahman. (2015). Implementasi Prototype Sistem Kendali Kunci Pintu Dengan Smartphone Android Berbasis Mikrokontroler. Prosisko, 3-7.

Moh Ismin, Miftahul Walid. (2018). Perancangan Sistem Aplikasi Starter Sepeda Motor Menggunakan Arduino Berbasis Android. Sehati, 4-8.

Susanti, E. (2018). Perancangan Wireless Starter Kendaraan Bermotor Memanfaatkan Bluetooth Berbasis Arduino. Sigma Teknika, 12-15.

Kholilah, I. (2016). Aplikasi Arduino Android Untuk sistem keamanan sepeda motor. Teknologi Rekayasa, 53-61.

Khairul Agus Rizal, Naziruddin dan zamzani. (2016). Sistem Pengaman Barankas Menggunakan Kode Password Dan Sidik Jari Berbasis Sidik Jari. Jurnal Litek, 37-34.

Herwanto, P. (2017). Pengaman Sepeda Motor Menggunakan Mikrokontroler Aeduino Uno Berbasis Android. Jurnal Informasi, 5-15.

Tatik Juwariyah, Alina Cynthia Dewi. (2017). Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Sensor Sidik Jari. Bina Teknika, 1-5.


Article View

Abstract views : 524 times | PDF files viewed : 1083 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v2i2.1400


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Rosyid, Agus Setia Budi, Purnomo Hadi Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.